17 Masakan Penurun Kolesterol: Alpukat, Salmon, Gandum, Bayam, Dll

Menurunkan kolesterol tinggi yaitu hal yg penting untuk dilakukan, salah satu hal yg wajib dilakukan yaitu mengonsumsi nutrisi yg benar-benar sempurna bagi tubuh.

Apabila selama ini Anda sering mengonsumsi kuliner yg memicu kolesterol tinggi, maka hal yg dilarang ditunda-tunda yaitu segera mengubah teladan makan tersebut menjadi LEBIH SEHAT.

Kolesterol yaitu lemak yg ada di dalam darah, yg bahwasanya diperlukan sel tubuh. Selain diproduksi badan secara alami oleh tubuh, kolesterol didapat dari makanan.

 Menurunkan kolesterol tinggi yaitu hal yg penting untuk dilakukan 17 Makanan Penurun Kolesterol: Alpukat, Salmon, Gandum, Bayam, dll

Yang menjadi problem ketika LDL (low-density lipoprotein) yg sering disebut kolesterol jahat menumpuk di dalam tubuh,  sehingga memicu penyakit berbahaya menyerupai sakit jantung, serangan jantung & stroke.

Akibat mengidap kolesterol tinggi, Dimana terlalu banyak kolesterol yg masuk ke dalam tubuh, berakibt nantinya menumpuk di arteri, yg mengakibatkan arteri mengeras & mulai tersumbat.

Makanan & minuman apa saja untuk menurunkan kolesterol tinggi?

#1. Ikan salmon
 Menurunkan kolesterol tinggi yaitu hal yg penting untuk dilakukan 17 Makanan Penurun Kolesterol: Alpukat, Salmon, Gandum, Bayam, dll
Ikan salmon menjadi kuliner lauk pauk sehari-hari yg ternyata berguna sekali dalam menurunkan kolesterol tinggi. Ikan salmon banyak dikonsumsi masyarakat di indonesia.

Di dalam ikan salmon terkandung banyak sekali khasiat yg penting bagi tubuh,  salah satu kandungan penting tersebut yaitu omega 3.

Konsumsi ikan Salmon juga baik bagi kesehatan Jantung. Dalam memasak ikan salmon, hendaknya hindari dengan minyak, lebih baik menggunakan oven, guna mengurangi konsumsi minyak yg kurang sehat.

Ikan Salmon bisa, kau konsumsi sekitar 2 porsi dalam seminggu. Kandungan lemak omega-3 di dalam salmon juga telah terbukti bisa menangkal penyakit jantung, demensia, & banyak penyakit lainnya.

Selain ikan salmon, beberapa jenis ikan yg disarankan untuk Anda konsumsi yaitu sarden, tuna & ikan kembung...

...kandungan yg ada pada ikan ini sangat baik untuk menurukan kolesterol jahat, menyehatkan jantung & menurunkan resiko pembekuan darah.

#2. Alpukat
Selain dikenal sebagai kuliner penurun kolesterol tinggi, dimana alpukat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Buah alpukat juga mempunyai kandungan baik menyerupai lemak tak jenuh tunggal yg khasiatnya untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Alpukat juga mengandung beta sitosterol yg merupakan lemak nabati berguna untuk mengurangi banyaknya kolesterol yg diserap ketika mengkonsumsi makanan.

Buah alpukat bisa, dibentuk dalam bentuk jus, dimana rasanya yg sangat lezat, juga terdapat kandungan lemak baik seperti: asam oleat, lemak tak jenuh, serta serat.

Konsumsi alpukat tetap perlu dibatasi, alias jangan makan alpukat terlalu banyak, lantaran di dalamnya buah alpukat terkandung kalori yg tinggi pula, sehingga jangan berlebihan konsumsi buah alpukat.


#3. Buah zaitun
Buah zaitun ini banyak dikatakan orang sebagai karunia yg sangat menakjubkan. Zat Hydroxytyrosol yg terkandung dalam buah zaitun merupakan antioksi& yg berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Selain itu pada kandungan buah zaitun, terdapat vitamin E, asam lemak essensial & lainnya, yg diperlukan oleh tubuh.

Kandungan asam lemak essensial, lemak ini terdiri dari omega 3 & omega 6. Ini bukanlah lemak jahat melainkan lemak yg baik untuk kesehatan, yg berguna besar untuk kesehatan organ jantung, mencegah obesitas, mengaasi penyakit diabetes, termasuk menurunkan kolesterol jahat (LDL).
Manfaat lainnya dari buah zaitun maupun minyak zaitun yaitu mencegah terjadinya tanda-tanda kanker, menyehatkan usus, serta mengurangi resiko terjadinya penyakit maag.

#4. Kedelai
Kedelai baik untuk tubuh, baik itu yg belum diolah maupun yg sudah diolah menyerupai susu kedelai, tempe & tahu. Semua kuliner tersebut bisa, berperan sebagai penurun kolesterol tinggi.

Konsumsi kuliner jenis kedelai dengan protein 25 gram (yg di sanggup dari protein kedelai) bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 5%.

Sehingga lauk pauk yg biasa kita konsumsi sehari-hari menyerupai tahu & tempe, selain harganya murah & juga sehat bagi tubuh.

Untuk itu masukan kedelai dalam sajian harian. Kedelai & olahannya menyerupai tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, & susu kedelai, disarankan mengonsumsinya yg setidaknya salah satunya.

Kedelai mengandung isoflavin yg kegunannya untuk menekan kolesterol jahat (LDL) semoga tidak berkembang. Disarankan dalam memasak kuliner berbahan2 kedelai dengan menggunakan minyak zaitun.

#5. Bawang putih
Bawang putih sudah usang dipercaya besar lengan berkuasa yg baik bagi kesehatan jantung. Bawang putih sudah menjadi bumbu khas dari kuliner yg ada di Indonesia. Banyak sekali kuliner di Indonesia yg menggunakan bawang putih sebagai bumbunya.

Selain bawang putih berguna untuk kesehatan jantung, juga bisa menurunkan kolestrol tinggi. Dalam mengonsumsi bawang putih, bisa, dengan melalui gabungan dalam salad.

Selain baik untuk organ jantung & menurunkan kolesterol tinggi, bawang putih juga berguna untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, & mencegah resiko munculnya infeksi.

Penelitian menemukan bahwa zat yg terkandung di dalam bawang putih bisa menghentikan plak yg menyumbat arteri pada tahap awal, dengan cara mencegah resiko partikel kolesterol melekat ke dinding arteri.

Bawang putih juga bisa mencegah penyakit syaraf menyerupai demensia & penyakit alzheimer (APAKAH BENAR?)

Perlu diketahui, kerusakan syaraf disebabkan oleh radikal bebas yg juga berbahaya pada terjadinya penuaan dini.

Bawang putih mengandung antioksi& yg mendukung prosedur donasi badan terhadap kerusakan oksidatif

Suplemen bawang putih telah terbukti bisa meningkatkan enzim antioksi&, yg secara signifikan sanggup mengurangi stres oksidatif (kerusakan syaraf) pada pasien dengan tekanan darah tinggi.

Manfaat ga.bungan pada bawang putih menyerupai menurunkan kolesterol & tekanan darah, serta sifat antioksi&-nya, sangat membantu untuk mencegah penyakit organ otak menyerupai alzheimer & demensia.

loading...

#6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan menyerupai kacang mede, almond, kenari, / sayur (seperti sayur kacang panjang) di dalam terdapat kandungan asam lemak tak jenuh gkamu yg berguna sangat baik untuk organ pembuluh darah, serta bisa menurunkan kolesterol.

Jenis kacang-kacangan menyerupai kacang mede, kacang walnut, kacang Hazelnut juga kaya Vitamin E, magnesium, & phytochemical yg sangat penting bagi kesehatan organ jantung.

Sebuah studi yg dilakukan para hebat memperlihatkan hasil bahwa makan kacang almond, walnut, kacang tanah, & kacang-kacangan lainnya baik untuk organ jantung. Makan 2 ons kacang per hari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 5%.

Untuk kacang panjang di dalamnya kaya akan serat, yg fungsinya memperlambat jumlah absorpsi kolesterol dalam makanan.

Hati-hati!... sebuah hal yg kurang baik jikalau terlalu sering makan kacang-kacangan dengan diberikan  garam & gula.

#7. Oatmeal
 Menurunkan kolesterol tinggi yaitu hal yg penting untuk dilakukan 17 Makanan Penurun Kolesterol: Alpukat, Salmon, Gandum, Bayam, dll
Oatmeal mempunyai kandungan serat larut yg berguna untuk mengurangi / menyaring kolesterol yg tidak baik di dalam tubuh.

Serat larut mengurangi absorpsi kolesterol yg ada di dalam anutan darah, hal ini sangat baik bagi kebersihan di dalam pembuluh darah tubuh.

Serat ini mengurangi absorpsi kolesterol dalam anutan darah sehingga menghindari terjadinya penumpukan kolesterol di dalam badan yg akan sangat berbahaya.

#8. Teh hitam
 Menurunkan kolesterol tinggi yaitu hal yg penting untuk dilakukan 17 Makanan Penurun Kolesterol: Alpukat, Salmon, Gandum, Bayam, dll
Teh hitam sepertinya masih cukup abnormal di indera pendengaran masyarakat indonesia, hal ini lantaran orang indonesia biasanya mengkonsumsi jenis teh lainnya.

Manfaat teh hitam bisa menurunkan resiko kanker & menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Di dalam kandungan teh umumnya mengandung antioksi& yg memperlihatkan rasa tenang, & juga mencegah pembekuan darah pada pembuluh darah.

Hasil studi memperlihatkan bahwa konsumsi teh hitam secara teratur sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga mengurangi risiko stroke & serangan jantung yg sangat berbahaya.

Akan tetapi konsumsi teh hitam dilarang berlebihan, beberapa ancaman yg ditimbulkan yaitu membentuk kerikil ginjal. Hal ini akhir senyawa Oxperalatane di dalam teh hitam. Oxperalatane memperlihatkan dampak jelek bagi organ ginjal jikalau dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Efek jelek kedua dari kebanyakan minum teh hitam yaitu senyawa tannin di dalam teh hijau yg memperlihatkan resiko problem sistem pencernaan, penyakit diare, susah buang air kecil & susah BAB.


#9. Yoghurt
Yogurt merupakan hasil fermentasi susu yg ternyata menyimpan segu&g khasiat bagi kesehatan. Yogurt selain sehat dikonsumsi juga sangat enak.

Sekarang ini, banyak perusahaan yg buat produk yoghurt dalam jumlah besar sehingga mempermudah kita untuk memperolehnya.

Yoghurt sanggup berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi, selain itu yoghurt mempunyai kandungan sehat berupa kalsium, microorganisme lactobacillus & protein.

Yogurt juga bebas lemak, sehingga tidak menjadikan resiko penimbunan lemak di dalam tubuh.

Yogurt sanggup mengikat kolesterol dalam usus sehingga kolesterol sanggup dikeluarkan bersama kotoran. Manfaat yogurt untuk menurunkan kadar kolesterol pernah dibuktikan dalam penelitian yg dilakukan di Shiraz, Iran Selatan pada tahun 2010.

Penelitian ini dilakukan lantaran banyak warga di Iran yg menderita penyakit kardiovaskular & kolesterol tinggi.

Para peneliti, melaksanakan analisa pada konsumsi yogurt probiotik & konsumsi yogurt tanpa probiotik terhadap 46 responden berusia 20-67 tahun.

Hasilnya, mereka yg diberi yogurt probiotik 300 gram per hari efektif untuk menurunkan kadar LDL & Kolesterol.

Selain itu, konsumsi yogurt secara teratur juga dipercaya bisa mencegah tekanan darah tinggi & jantung koroner.

#10. Kacang panjang
Makanan yg dikonsumsi dalam bentuk sayur ini punya khasiat besar, kacang panjang sanggup juga dikamulkan untuk mnurunkan kolesterol tinggi.

Sebuah penelitian yg dilakukan oleh pihak Arizona State university Polytechnic, menemukan hasil penelitian bahwa konsumsi setengah cangkir sup kacang panjang sanggup menurunkan kolesterol sampai 8%.

Kacang panjang juga mempunyai kandungan serat yg tinggi, yg berdampak baik bagi tubuh, diantaranya buat badan sanggup merasa kenyg lebih lama, sehingga mencegah makan berlebihan.

#11. Gandum
Gandum merupakan sereal yg mempunyai gizi sangat baik, yg dengan mengkonsumsinya juga berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi, trigliserida darah, & mengatur kadar gula dalam darah.

Kadar kolesterol dalam darah sanggup diturunkan dengan mengonsumsi gandum. Gandum umumnya terdapat dalam bentuk roti. Pastikan menentukan roti yg terbuat dari bahan2 gandum berkualitas.

#12. Bayam
Bayam mengandung zat lutein yg berguna besar bagi kesehatan mata. Selain itu, kandungan di dalam bayam mempunyai khasiat yg sangat penting, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung & pembuluh darah.

Bayam sanggup juga dikamulkan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Umumnya bayam dimasak dalam sup / sayur

Bayam mengandung antioksi& tinggi yg berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung & untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat.

#13. Buncis
Buncis merupakan jenis sayuran polong-polongan, yg rendah lemak serta sebagai sumber serat yg gampang larut. Biasanya buncis dikhasiatkan sebagai sumber karbohidrat yg diperlukan oleh penderita diabetes.

Serat pada buncis berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat & mencegah resiko jelek peningkatan gula darah di dalam tubuh.

Buncis juga mempunyai kandungan betaglukan yg fungsinya mengontrol absorpsi dari produksi kolesterol.

Cara mengkonsumsinya, bisa, dengan merebus buncis untuk dikonsumsi, / juga sanggup diolah menjadi jus buncis, selain itu Anda bisa, mengolahnya dengan cara tumis.

#14. Jeruk nipis & lemon
Flavonoid yg ada di dalam jeruk nipis berjulukan hesperidin, mempunyai khasiat penting dalam menurunkan kadar kolesterol & trigliserida. Sehingga konsumsi jeruk nipis berhu.bungan akrab dengan penuruan risiko penyakit jantung & stroke

Adapun jeruk lemon banyak mengandung Vitamin C, serta mengandung senyawa untuk mengurangi produksi apo-B, yaitu sejenis zat yg memicu bertambahnya kolesterol dalam darah.

Selain itu jeruk lemon mempunyai zat antioksi& yg berfungsi untuk menghambati oksi& LDL (kolesterol jahat).

#15. Buah anggur
Di dalam anggur terkndung senyawa flavonoid sebagai penurunan kolestrol tinggi, selain berfungsi untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah & menangkal kerusakan akhir masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Buah anggur juga mempunyai kandungan serat & zat catechin, kedua zat ini juga berguna untuk membantu menurunkan kolesterol.

#16. Tomat
Tomat merupakan sumber likopen yg sanggup mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Tomat sangat manis jikalau dikonsumsi dalam keadaan yg segar, selain itu bisa, dibentuk menjadi jus, / juga dimasukan sebagai salah satu bahan2 sup.

#17. Apel
Apel mengadung zat beta-glucan yg berfungsi untuk mengontrol produksi kolesterol. Disarankan makan buah apel bersama dengan kulitnya.

Sumber serat larut di dalamnya membantu untuk menurunkan kolesterol & mencegah arteri mengeras.

Makanan lainnya yg disarankan dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi yaitu brokoli, beras merah (pengganti beras putih), seledri, rimpang jahe, buah mangga & buah strawberry.

Makanan yg perlu dihindari bagi penderita kolesterol
Mengonsumsi kuliner yg tinggi kandungan lemak jenuh juga sanggup mendorong peningkatan kolesterol dalam darah. Beberapa kuliner yg perlu dihindari (dibatasi) bagi penderita kolesterol tinggi:
  1. Daging berlemak
  2. Kulit ayam
  3. Kulit bebek
  4. Makanan bersantan
  5. Mentega
  6. Goreng-gorengan
  7. Makanan mengandung minyak kelapa / minyak sawit
  8. Makanan siap saji menyerupai mie dll
  9. Makanan junk food

Selain menghindari aneka macam kuliner yg membahayakan kondisi kolesterol tubuh, hendaknya megusahakan untuk melaksanakan olahraga secara teratur.

Beberapa jenis olahraga yg sanggup kau lakukan menyerupai jogging, jalan sehat, bersepeda dll.

Olahraga yg dilakukan secara rutin (minimal 3 kali dalam seminggu) sangat membantu untuk menurunkan kolesterol jahat & mencegah resiko penyumbatan arteri.

Ketika makan di luar, perlu diketahui bahwa kuliner restoran sanggup mengandung lemak jenuh, kalori, & natrium. Sehingga yg disarankan yaitu MENGHINDARI MAKANAN YANG DIGORENG.

Utamakan menentukan kuliner yg dioven & dikukus. Atau jikalau tidak ada, bisa, menentukan kuliner yg dipanggang / dibakar.

Referensi:
  1. 12 Foods That Lower Cholesterol Naturally - prevention.com
  2. 11 foods that lower cholesterol - health.harvard.edu
  3. 25 healthy foods to lower your cholesterol - timesofindia.indiatimes.com

Subscribe to receive free email updates: