24 Cara Menghilangkan Kebiasaan Lupa (16 Penyebab Sering Lupa)

Umumnya orang menanggap bahwa sifat pelupa merupakan “penyakit” orang yg sudah berusia lanjut.

Akan tetapi, faktanya ketika ini kebiasaan lupa juga bisa, dialami oleh mereka yg masih muda.

Masalah sering lupa pada orang yg sudah lanjut usia (yg sering disebut pikun) ialah hal yg wajar, yg menjadi masalah jikalau menimpa orang yg usianya masih sangat muda, tentunya tidak wajar.

Beberapa masalah yg sering dialami: capek-capek mencari barang yg lupa ditaruh dimana..

Atau, ketika ingin mengambil sebuah benda di dalam rumah, kemudian Anda lupa harus berbuat apa...

 Umumnya orang menanggap bahwa sifat pelupa merupakan  24 Cara Menghilangkan Kebiasaan Lupa (16 Penyebab Sering Lupa)

Masalah lainnya: barusan saja terpikir pandangan gres bagus, akan tetapi beberapa menit kemudian sudah lupa saja..

Mendengarkan materi, seminar, ceramah, sehabis selesai, lupa semua wacana apa yg disampaikan..

Merasa jengkel alasannya ialah lupa dengan janji...

dll...

Sebuah kisah faktual bahwa seorang perempuan berusia 25 tahun yg menceritakan pengalamannya sendiri, yg sangat meresahkannya...

...bahwa dalam sepekan terakhir saja, dirinya lupa meletakan telepon genggamnya sebanyak 4 kali.

Apakah seseorang lupa itu wajar?
Pada dasarnya, hal yg biasa & masuk akal apabila seseorang pernah lupa. Adapun yg perlu diwaspadai jikalau masalah lupa sudah terlalu sering terjadi, sehingga benar-benar menganggu aktifitas sehari-hari.

Apa penyebab gampang lupa ingatan?

#1. Kurang Tidur
Masalah kurang tidur bisa, mengakibatkan gangguan pada memori pikiran, terjadi alasannya ialah otak & syaraf tidak memperoleh mendapat istirahat yg cukup.

Masalah ini kesannya menghipnotis konsentrasi, yg berefek seseorang gampang lupa, cemas yg tidak wajar, dll.

Tidak hanya kurang tidur, tidur yg tidak nyenyak (tidur berkualitas) alasannya ialah beberapa ketika sebelum tidur masih sibuk dengan gadget, laptop, komputer, dsb, memperlihatkan dampak jelek pada memori.

Untuk itu, hal yg jelek jikalau sering bega&g sehingga kurang tidur, utamakan untuk tidur di malam hari dibandingkan melaksanakan urusan lainnya.

Sebagian orang mengganti waktu tidur malam dengan tidur siang, hal ini menjadikan meningkatkan resiko cepat pikun & masalah gangguan memori lainnya.


#2. Efek dari sebagian obat-obatan
Berbagai jenis obat-obatan, termasuk obat penenang, obat mengatasi tekanan darah tinggi, & secara umum obat yg memperlihatkan imbas penenang, mengakibtkan peningkatan resiko gangguan ingatan.

Pemakaian pada tahap awal mungkin tidak memperlihatkan dampak yg terasa, tetapi jikalau penggunaan dalam jangka panjang maka perlu dihindari, alasannya ialah memperlihatkan dampak jelek berupa gangguan memori serius.

Beberapa jenis obat-obatan yg menurunkan kemampuan memori otak untuk mengingat, seperti:
  1. Obat penenang (antidepresan)
  2. Obat tidur
  3. Obat tekanan darah tinggi
  4. Obat tekanan darah rendah
  5. Obat penghilang rasa sakit jenis tertentu
  6. Obat penurun kolesterol
  7. Obat diabetes
  8. Antihistamin

Untuk itu, jikalau memang terpaksa menggunakan obat-obatan menyerupai yg dipaparkan diatas, maka perlu bertanya kepada yg paham wacana hal ini, / berkonsultasi dengan dokter…

...sehingga sanggup menghindari (/ meminimalisir) banyak sekali dampak buruknya.

#3. Stres, depresi, cemas, dsb
Saat ini, semakin banyak orang yg seharian hanya memikirkan masalah keuangan alasannya ialah kebutuhan hidup yg besar. Hal ini alasannya ialah persaingan di dunia kerja yg semakin ketat...

...demikian juga kebutuhan akan bahan (uang) semakin meningkat, alasannya ialah dipengaruhi gaya hidup. Kondisi menyerupai ini sering mengakibatkan orang-orang mengalami stres & cemas.

Masalah stres / pikiran yg berat, berlanjut pada menurunnya kemampuan mengingat. Hal itu alasannya ialah stres, depresi maupun rasa cemas yg berlebihan akan mengganggu kemampuan daya pikir, termasuk juga daya ingat.

Dan memang, pada faktanya masalah lupa & kesulitan mencari solusi kerap terjadi pada orang yg panik.

Saat stress, otot akan menegang & gelisah , hal ini juga buat otak akan bekerja terlalu keras, sehingga proses menyimpan & mengingat informasi mengalami gangguan.

Masalah stres & depresi yg dialami, buat syaraf & otak tidak bisa mengendalikan pikiran, yg kesannya buat sering lupa.

Stres & cemas menjadikan otak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, yg buat (orang yg mengalaminya) tidak bisa, menangkap informasi dengan baik & memori menurun.

Loading...

#4. Otak kekurangan pasokan oksigen
Agar bisa, optimal dalam berpikir & daya ingat, organ otak juga sangat membutuhkan oksigen, selain juga banyak sekali nutrisi yg dibutuhkan tubuh. Oksigen bisa, diperoleh dengan cara bernafas.

Disamping itu, yg juga menghipnotis kecukupan jumlah oksigen di otak ialah darah yg beredar di dalam tubuh.

Darah & air di dalam badan apabila lancar, juga buat pasokan oksigen ke dalam otak menjadi lancar.

Sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, cukupi kebutuhan konsumsi air putih dalam setiap harinya.

Hal lainnya yg perlu diperhatikan ialah cara bernafas alasannya ialah bisa, menghipnotis jumlah oksigen yg dihirup.

Orang yg bernafas dengan cepat & &gkal, berakibat tubuhnya beresiko kekurangan oksigen. Sehingga yg dianjurkan ialah bernafas secara teratur, dengan menghisap nafas dalam-dalam kemudian menghembuskan (secara perlahan).

#5. Mengkonsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol memicu gangguan memori jangka pendek. Konsumsi satu gelas alkohol saja per hari sudah bisa, menjadikan gangguan memori, bahkan memudarkan ingatan.

Kecanduan Alkohol maupun obat-obatan menimbulkan ancaman bagi otak alasannya ialah zat-zat berbahaya yg didalamnya. Apabila kecanduan berlangsung dalam jangka panjang, menjadikan seseorang terkena demensia di usia muda.

Dengan begitu, seseorang yg berada dalam imbas alkohol & narkoba akan sering lupa atas apa yg sudah dilakukannya, alasannya ialah kondisi fungsi otak yg melemah.

Hal ini sanggup diketahui dengan jelas, misalnya ketika seseorang mabuk, apakah beliau ingat? Umumnya akan agak-agak lupa, sehingga daya pikirannya sendiri tidak bisa, dikendalikan.

#6. Kesedihan yg mendalam
Sedih boleh-boleh saja alasannya ialah manusiawi, tetapi seseorang yg mengalami kesedihan sangat dalam, akan bisa, menghipnotis mental & kejiwaannya, yg termasuk juga akan berdampak pada penurunan kemampuan memori.

#7. Malas mengasah otak
Mungkin kita pernah menghadapi suatu persoalan, tetapi malas untuk mencari solusi terbaiknya. Hal ini sangat disaygkan, alasannya ialah buat tidak optimal perkembangan kecerdasan otak...

...yg membut daya pikir menurun & responnya lambat dalam menghadapi suatu pemasalahan. Sehingga janganlah malas untuk berpikir jikalau memang memperlihatkan khasiat.

Ketika menghadapi suatu persoalan, maka latih pikiran untuk mencari solusi terbaik dari suatu masalah. Dengan pikiran yg rajin dilatih maka memperlihatkan khasiat besar pada kemampuan memori / daya ingat.


#8. Merokok
Bukanlah sebuah diam-diam lagi jikalau rokok sangat berbahaya. Selain membahayakan kesehatan, terutama paru-paru, racun-racun yg ada di dalam rokok berdampak jelek pada kemampuan mengingat.

Baik itu perokok aktif /pun perokok pasif, akan mengalami kemunduran memori, yg menjadikan banyak orang masih muda usianya, tetapi sering lupa & kesulitan dalam konsentrasi.

#9. Cedera di kepingan kepala
Gejala cedera otak ringan sudah bisa, buat seseorang akan gampang gundah dalam mengatasi suatu persoalan, alasannya ialah masalah pada organ otaknya.

Selain itu juga buat kesulitan dalam mengingat & berkonsentrasi. Cedera menyerupai ini biasanya disebut dengan geger otak.

#10. Infeksi
Infeksi yg ringan apalagi yg berat di sekitar organ otak, bisa, mengakibatkan hal jelek pada kemampuan daya ingat, hingga bisa, menjadikan kehilangan memori.

#11. Tumor
Tumor otak berdasarkan American Association bisa, menjadikan dampak jelek bagi kemampuan memori. Selain itu, beberapa pengobatan medis menyerupai kemoterapi & terapi radiasi juga bisa, meningkatkan resiko gampang lupa pada seseorang.

#12. Tiroid yg tidak aktif
Kelenjar tiroid mempunyai imbas besar dalam pengaturan tidur. Kondisi kelenjar tiroid terlalu banyak maupun terlalu sedikit mengeluarkan hormon, bisa, bersampak pada meningkatnya resiko depresi pada sseorang, yg kesannya buat susah tidur…

...yg akhirnya, tidur tidak berkualitas kuat jelek pada daya ingat. Gangguan tiroid, menyerupai hipotiroidisme & hipertiroidisme, menghipnotis kondisi mental & ketidakmampuan mengingat sesuatu untuk waktu yg lama.

Untuk mengetahui apakah seseorang mempunyai masalah pada kelenjar tiroid, maka perlu melaksanakan tes darah.

#13. Overload informasi
Sebuah penelitian klinis yg dilakukan para andal di Glasgow, menemukan bahwa penyebab seseorang menjadi lebih pelupa, bisa, alasannya ialah gaya hidupnya yg sibuk, serta dirinya dalam sehari-hari kelebihan informasi yg diterima...

....dengan begitu perlu untuk membatasi penggunaan sosial media, alasannya ialah memperlihatkan masalah pada kemampuan memori.

#14. Diet yg salah
Diet yg salah (tidak sehat) beresiko tinggi menjadikan badan kekurangan vitamin & nutrisi yg penting bagi tubuh. Sehingga, jikalau ingin menerapkan pola diat, maka jangan ekstrim yaitu tidak makan seharian...

...lakukan diet yg teratur & seimbang, yaitu membatasi makan tetapi tetap memenuhi kebutuhan gizi badan sehari-hari.

#15. Penyakit alzheimer
Alzheimer umumnya menyerang orang yg sudah lanjut usia. Penyakit ini secara perlahan menguras memori otak, yg kesannya bisa, menghilangkan ingatan seseorang.

Ciri-ciri penderita alzheimer yaitu gampang cemas, sensitif, & kacau pikirannya. Penyakit alzheimer juga buat penderitanya gampang lelah alasannya ialah berusaha mengingat sesuatu yg lupa...

...lalu akan sring bertanya banyak sekali hal yg sama kepada beberapa orang di sekitarnya

Sedikit demi sedikit, alzheimer bisa, buat seseorang gundah kemudian lupa. Hingga bisa, buat pikun, menyerupai lupa siapa saja nama-nama anggota keluarganya, serta kegiatan yg biasa dilakukannya sehari-hari.

Beberapa hal yg memicu kepikunan (mudah lupa) pada usia muda: beban kerja & pikiran yg terlalu berat pada usia muda, gangguan peredaran darah di organ otak, menjamurnya teknologi maju (canggih) berakibat otak jarang sekali untuk diasah.

#16. Sakit kepala / migrain
Orang yg mengalami sakit kepala, migrain dsb, keadaan ini akan menimbulkan masalah psikologis (selain masalah fisik). Yang buat penderitanya gampang lupa & bingung.

Cara menghilangkan kebiasaan lupa
Tidak bisa, tidak, “penyakit” terlalu sering lupa perlu diatasi, sehingga masalahnya tidak menjadi besar (paah), serta tidak menganggu kegiatan sehari-hari, berikut bahasannya:

#1. Jangan asal pilih di dalam mengonsumsi makanan!
Hindari konsumsi masakan yg tinggi kadungan MSG, hal ini sangat penting untuk buat proses pemikiran darah yg menuju otak menjadi lancar, yg bermafaat pada kekuatan memori. Selain itu, hindari makan-makanan model junk food, tinggi lemak & tinggi kolesterol.

Tingginya konsumsi kandungan lemak & kolesterol memperlihatkan dampak jelek pada kesehatan secara umum, termasuk menganggu peredaran darah ke otak.

Beberapa jenis masakan & minuman yg mempunyai kegunaan untuk mengatasi / mencegah gampang lupa yg pertama yaitu buah beri yg sangat baik untuk menjaga kesehatan & fungsi organ otak. Blueberry & raspberry mengandung antosianin yg berfungsi melindungi neuron otak, yg kesannya sangat baik untuk menjaga kekuatan daya ingat.

Senyawa fiestin di dalam strawberry berfunsi untuk menjaga kekuatan memori dalam jangka panjang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi secangkir buah beri setiap hari (selama beberapa bulan) mempunyai kegunaan untuk meningkatkan daya ingat.

Kesimpulan yg didapat dari sebuah studi yg dilakukan oleh para peneliti dari Brigham and Women's Hospital (BWH), Amerika Serikat, menemukan bahwa asupan tinggi buah yg kaya flavonoid menyerupai stroberi & bluberi, sanggup menunda penurunan daya ingat (memori) pada perempuan hingga 2,5 tahun.

Tim peneliti menggunakan data dari Nurses Health Study dari 121.700 perempuan berusia antara 30 & 55 tahun, mereka diminta menuntaskan kuesioner kesehatan & gaya hidup, yg dimulai dari tahun 1976.

Sejak tahun 1980, penerima disurvei setiap empat tahun mengenai frekuensi mereka dalam mengonsumsi makanan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi bluberi & stroberi berkaitkan dengan pencegahan penurunan memori.

Buah Apel mempunyai nutrisi penting yg terdiri dari vitamin, mineral, kalsium, fosfor dll, Konsumsi satu buah apel secara rutin pada setiap harinya, dipercaya bisa memperbaiki kerusakan sel & jaringan pada otak.

Buah jeruk yg merupakan sumber vitamin C, bisa berperan sebagai antioksi& yg berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas & memperbaiki sel-sel dalam badan termasuk otak.

Buah anggur juga mempunyai fungsi penting dalam menjaga & memperbaiki sel badan yg mengalami kerusakan, menyembuhkan tanda-tanda amnesia, & menjaga kemampuan daya ingat. Hal ini alasannya ialah di dalam anggur ada kandungan antioksi& tinggi.

Kuning telur sangat kaya nutrisi, kandungan kolin di dalamnya mempunyai khasiat penting bagi perkembangan otak. Sehingga bawah umur yg masih dalam tahap pertanaman dianjurkan untuk mengkonsumsi telur.

Ikan bahari menyerupai tuna & salmon kaya akan kandungan omega 3. Rajin konsumsi ikan yg kaya akan kandungan omega-3 mempunyai kegunaan untuk memperlancar proses pengiriman signal menuju ke otak. Adapun kekurangan kandungan tersebut menjadikan gangguan mood, depresi, autisme, kurang konsentrasi, hingga masalah hilangnya memori.

Buah bit mengandung vitamin B mempunyai kegunaan menjaga fungsi otak, utamanya dalam hal mengingat. Selain itu, buah bit segar dipercaya sebagai obat alami anti-depresi semenjak jaman dahulu. Buah bit juga berfungsi mengikat folat, yg ujung-ujungnya mempunyai kegunaan untuk kemampuan memori otak.

Sayuran menyerupai kubis, kembang kol & brokoli mempunyai banyak nutrisi & vitamin, yg berperan untuk kesehatan organ otak, semoga kemampuan berpikir tidak mengalami gangguan (alias pikun).

Cabai mengandung capsaicin, yg bekerja untuk buat saraf-saraf dalam tubuh, termasuk saraf otak menjadi lebih hening & meningkatkan produki hormon endorfin yg mempunyai kegunaan untuk menjaga kemampuan konsentrasi.

Kacang-kacangan kaya vitamin E yg mempunyai kiprah besar dalam kesehatan organ otak, termasuk kemampuan memori semoga tetap terjaga hingga tua. Vitamin E mencegah lemahnya kemampuan memori. Kacang kenari mengandung omega 3 yg mempunyai kegunaan besar bagi organ otak. Kacang mede mangandung magnesium yg berfungsi mengoptimalkan pasokan okigen ke sel-sel otak.

Kandungan choline bisa meningkatkan daya ingat & daya pikir. Hati ayam, kedelai, & telur mempunyai choline yg cukup tinggi. Dengan mengkosumsi masakan tersebut secara teratur (tidak berlebihan), mempunyai kegunaan untuk meningkatkan daya pikir.

#2. Konsumsi Vitamin E
Vitamin E berfungsi untuk meningkatkan kerja otak. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memasukan asupan vitamin E dalam sajian masakan sehari-hari. Kekurangan vitamin E sanggup merusak organ otak.

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa vitamin E diharapkan untuk mencegah kerugian besar untuk molekul penting di otak, & membantu menjelaskan mengapa vitamin E dibutuhkan untuk kesehatan otak. Demikian klarifikasi dari pemimpin penulis studi Maret Traber, seorang profesor di Oregon State University di Amerika Serikat, menyerupai dikutip Times of India.

Makanan yg kaya asupan vitamin E yaitu: bayam, asparagus, cabai, kacang almond, brokoli, kale, tomat, alpukat, u&g, minyak zaitun, olive oil, cranberry, baspberry, buah Kiwi, wortel, kacang hijau, dll. Whfoods.com

#3. Pastikan peredaran darah lancar
Tidak jarang ada orang yg tiba-tiba lupa pada sesuatu yg biasa dihafalnya, sehabis diperiksa ternyata ada masalah pada pemikiran darah di kepala.

Untuk itu, sangat penting menjaga kondisi peredaran darah di tubuh, termasuk peredaran darah ke organ otak. Tidak heran, orang yg mengalami masalah peredaran darahnya tidak lancar...

...mengalami kesulitan dalam memanggil informasi terdahulu yg tersimpan di pikirannya.

Untuk menjaga kelancaran pemikiran darah di tubuh, maka perlu menjaga kegiatan fisik yg cukup, lakukan olahraga menyerupai bersepeda, jogging, dll selama 30 menit dalam setiap harinya (minimal 4 kali dalam seminggu).

Berolahraga secara rutin juga akan memperlancar peredaran oksigen di dalam otak. Suplai oksigen yg lancar ke organ otak berguna untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir, serta membantu dalam pertanaman sel-sel gres di dalam organ otak.

Hindari masakan yg berpotensi mengganggu peredaran darah di dalam tubuh, penting untuk mengkonsumsi masakan yg sehat.

#4. Gunakan buku catatan
Cara yg sangat efektif mengatasi lupa, sepertinya perlu membawa buku catatan kemanapun Anda pergi. Dengan begitu, seseorang bisa, mencatat hal-hal yg terlintas di benaknya, mencatat waktu janjian dengan orang lain, & mencatat hal-hal yg Anda anggap penting lainnya.

Sehingga pikiran tidak terbebani untuk mengingat segala hal, alasannya ialah dikhawatirkan ada hal yg terlupa. Anda bisa, membawa buku catatan, /pun menggunakan aplikasi khusus, menyerupai Evernote di smartphone / gadget Anda.

Dengan aplikasi tersebut, Adna bisa, buat catatan dengan mudah. Untuk mendownloadnya tinggal mencari di search engine Google.com, cari dengan keyword “download evernote”.

#5. Gunakan pengingat
Apabila Anda khawatir lupa pada akad / rapat, maka buatlah pengingat untuk program tersebut. Sekarang sudah banyak aplikasi di smartphone yg mempunyai fungsi ini, jadi khasiatkan aplikasi tersebut.

Biasanya pada aplikasi tersebut ada beberapa fitur, maka selain menggunakan untuk alarm pagi / shubuh, maka gunakan juga alarm untuk mengingatkan wacana sebuah akad / rapat. Setting waktu beberapa usang sebelum program dimulai, sehingga Anda masih mempunyai waktu untuk mempersiapkan diri (lamanya waktu tergantung kondisi).

Selain menggunakan peralatan, Anda juga bisa, meminta derma orang akrab untuk mengingatkan.

#6. Istirahat yg cukup
Tubuh & pikiran perlu diistirahatkan sehabis seharian beraktivitas. Umumnya waktu tidur ialah 7 jam dalam sehari, tidur yg cukup ialah hal yg penting semoga memori otak tetap optimal. Hal ini berdampak baik pada kemampuan mengingat Anda.

#7. Rutin bersosialisasi
Dengan interaksi sosial, mempunyai khasiat penting untuk mencegah stres & depresi. Karena stres & depresi ini bisa, memperlihatkan dampak jelek berupa gangguan kejiwaan, masalah fisik, gampang lupa, hingga ada yg bunuh diri.

Sehingga, sisihkan waktu beberapa saat, untuk berkomunikasi dengan orang dekat, menyerupai keluarga /pun teman, sehingga Anda bisa, memberikan uneg-uneg, curhat, & hal lainnya.

#8. Jadilah terorganisasi
Memang kita akan lebih gampang lupa jikalau acara sehari-hari berantakan. Sehingga perlu menulis & memetakan banyak sekali kegiatan & kiprah hari ini, besok & seterusnya...

...bisa, pada buku catatan /pun selembar kertas. Tinggal perbarui daftar-daftar kegiatan & kiprah Anda, kemudian coret kegiatan yg sudah dilakukan. Letakan catatan tersebut di kawasan yg gampang dicapai, menyerupai di dompet, dsb.

#9. Membaca buku
Anda bisa, melatih otak dengan membaca buku, mengisi TTS, dll. Kegiatan tersebut sanggup meningkatkan kinerja otak untuk mengingat apa yg dilihat, dikerjakan, & dilakukan.

Para peneliti dari Mayo Clinic memperlihatkan bahwa kegiatan membaca yg dilakukan sehari-hari, mempunyai kegunaan untuk menurunkan risiko kehilangan memori hingga 30-50 persen.

Untuk itu, carilah buku kesukaan Anda yg bermafaat, kemudian sisihkan waktu 1-2 jam dalam sehari untuk membaca, tentunya tidak sulit, bukan? Kalau bisa, lebih dari 2 jam dalam sehari.

#10. Fokus
Hindari melaksanakan suatu kegiatan & memikirkan hal lainnya dalam waktu bersamaan. Hendaknya mengurutkan kegiatan yg menjadi prioritas, sehingga bisa, selalu fokus pada kegiatan yg se&g dilakukan. Setelah selesai pada sebuah kegiatan, maka lakukan kegiatan selanjutnya.

#11. Sederhanakan tata ruang
Jika memang tidak diperlukan, jangan terlalu banyak membeli barang. Sehingga, batasi banyak sekali perabot (yg tidak perlu) di dalam kamar / ruangan kawasan biasa duduk-duduk, hal ini mempunyai kegunaan untuk memudahkan pikiran semoga bisa, fresh & tidak mumet.

Minimaliskan tata ruang kamar /pun meja kerja sehingga Anda tidak terlalu repot ketika lupa meletakkan sesuatu. Untuk itu, buanglah benda-benda yg memang tidak berguna, kemudian letakan barang-barang dengan rapi.

#12. Tarik napas & jangan panik
Orang yg lupanya sudah terlalu sering / berulang-ulang kali, biasanya mereka juga mempunyai tingkat kepanikan yg tinggi, / mereka sangat ketar-ketir ketika lupa pada suatu hal.

Akibatnya akan kesulitan berpikir jernih untuk mengingat kembali dimana mereka terakhir kali meletakkan barang tersebut.

Sehingga tipsnya, buat diri Anda tenang, & yakinlah bahwa Anda bisa, untuk menemukan barang tersebut (optimis). Anda perlu secara tenang, mengingat kembali urutan kegiatan yg dilakukan, telusuri satu persatu.

#13. Banyak mengkonsumsi air putih
Untuk mengembalikan kemampuan dalam mengingat, maka perlu minum banyak air putih. Minum air putih yg mencukupi bagi kebutuhan tubuh, mengoptimalkan seluruh fungsi organ tubuh, termasuk fungsi otak akan berfungsi lebih baik.

#14. Istirahatkan otak kamu
Hal ini sangat mempunyai kegunaan untuk mengatasi masalah sering lupa. Dengan istirahat / tidur yg cukup berguna untuk mengistirahatkan & meregenerasi otak. Sehingga ketika bangun, otak menjadi fresh & segar kembali.

#15. Konsumsilah masakan yg bergizi & bernutrisi (jangan konsumsi masakan siap saji, junk food & semacamnya), semoga nantinya tercipta pola makan yg sehat, yg mempunyai kegunaan untuk kesehatan tubuh, termasuk fungsi otak menjadi optimal.

#16. Hilangkan segala hal yg bisa, memiicu stres & banyak sekali gangguan kecemasan. Carilah cara yg paling cantik menurutmu semoga bisa, meminimalisir timbulnya stres. Rasa khawatir & perasaan yg tidak yummy mengakibatkan masalah pada daya ingat. Sehingga jangan pikirkan sesuatu yg memang tidak perlu Anda pikirkan.

#17. Biasakan untuk menuangkan seluruh isi pikiran dalam bentuk tertulis. Baik itu catatan selebar kertas, jurnal harian, catatan elektronik, dll. Pikiran yg mumet alasannya ialah tugas-tugas menumpuk, buat banyak hal menjadi terlewatkan dari ingatan Anda. Sehingga dengan melaksanakan hal ini, Anda terhindar dari mengabaikan tugas-tugas penting, sekalipun pikiran se&g penuh, semua kegiatan & pekerjaan tetap bisa, dilakukan tanpa ada yg terlupa.

#18. Letakkan benda pada kawasan yg sama, hal ini berguna untuk membantu Anda menghindari penyakit lupa.

#19. Usahakan semoga selalu fokus / sadar ketika melaksanakan sesuatu, hal ini sangat penting & perlu selalu dilatih semoga terbiasa untuk ingat & sadar dalam melaksanakan suatu hal.

#20 Hindari merokok, alasannya ialah rokok menyita 1/3 dari daya ingat Anda.

#21. Jauhi alkohol alasannya ialah sanggup merusak sel syaraf, terutama sel syaraf pada otak.

#22. Hindari diet ekstrem, yaitu mengurangi banyak sekali asupan gizi yg penting, alasannya ialah kekurangan asupan gizi justru akan mengecilkan volume otak Anda.

#23. Lakukan olahraga yg meningkatkan detak jantung, minimal 3 kali seminggu (selama 20 menit setiap kali olahraga). Bahkan, hanya dengan berjalan / lari kecil, sudah bisa memperbanyak oksigen di otak sehingga membantu pertanaman sel-sel baru.

#24. Asah otak Anda dengan melaksanakan permainan asah otak. Permainan asah otak bisa, berupa mengisi teka-teki silang yg bisa, kau dapatkan di toko buku, koran, dll.

Subscribe to receive free email updates: