19 Manfaat Vitamin A Untuk Mata, Kulit (Sumber Makanan, Jawaban Kelebihan & Kekurangan Vit A)

Vitamin A ialah salah jenis vitamin yg larut dalam lemak. Banyak orang yg hanya mengetahui bahwa Vitamin A untuk kesehatan mata saja...

...padahal sebenarnya, vitamin A mempunyai segu&g khasiat bagi kesehatan tubuh. Hanya yg terkenal di masyarakat vitamin A sangat penting untuk organ penglihatan / mata.

Vitamin A mengandung retinol, asam retinoat, retinal, & beberapa karotenoid provitsmin A & beta karoten.

Pada tahun 1931, kimiawan dari negara Swiss yg berjulukan Paul Karrer, menggambarkan struktur kimia vitamin A.

Vitamin A pertama kali disintesis pada tahun 1947, oleh dua hebat kimia Belkamu, yaitu Jozef Ferdinand Arens & Adriaan van Dorp David.

 Vitamin A ialah salah jenis vitamin yg larut dalam lemak 19 Manfaat Vitamin A Untuk Mata, Kulit (Sumber Makanan, Akibat Kelebihan & Kekurangan Vit A)

Untuk jenis Vitamin A umumnya, yaitu retinoid yg berasal dari produk hewani, & beta-karoten yg berasal dari tanaman.

Berikut fungsi (khasiat) vitamin A bagi kesehatan badan manusia:

#1. Sistem Imun. Vitamin A berperan sebagai sistem inum eksternal, yg befungsi untuk melindungi badan dari serangan radikal bebas, bakteri, virus, jamur & patogen. Mencukupi asupan vitamin A ialah hal yg penting guna meningkatkan kekebalan tubuh.

keberadaan vitamin A berfungsi untuk mencegah infeksi yg ditimbulkan oleh parasit. Contohnya, kuman yg masuk melalui kanal pernafasan.

Dengan mengkonsumsi vitamin A yg mencukupi bagi tubuh, berguna supaya badan membentuk senyawa yg sanggup melindungi badan dari serangan virus, kuman, bakteri, jamur, & pantogen...

...yg berbgai serangan terhadap badan bisa, dari radikal bebas, kuliner yg dikosumsi, obat obatan, udara & kondisi cuaca disektiar.

Sistem kekebalan badan yg lemah, buat badan rentan terjangkit penyakit, tugas Vitamin A ini yg bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, supaya badan tidak gampang terjangkit banyak sekali penyakit.


#2. Kesehatan mata. Vitamin A berperan penting dalam membantu menyalurkan objek yg diterima oleh retina mata ke otak, dalam bentuk sebuah gambar. Senyawa yg berperan ini dinamakan retinol.

Senyawa retinol yg tinggi pada vitamin A, berfungsi buat mata supaya bisa dengan baik untuk menangkap cahaya & objek apapun yg diterima oleh retina menuju saraf otak, yg sesudah itu visualisasikan secara akurat.

Vitamin A sangat berperan penting dalam mejaga, melindungi & meningkatkan kualitas organ mata dalam melihat.

Penelitian juga sudah banyak yg membuktikan, bahwa penyebab utama dari kebutaan yg alami orang-orang, alasannya yaitu kurangya asupan vitamin A bagi badan pada ketika mereka masih anak-anak.

Dalam sebuah studi yg disponsori oleh National Eye Institute, hasilnya bahwa orang yg berisiko tinggi untuk penyakit pada organ matanya...

...lalu diminta memenuhi kebutuhan konsumsi harian beberapa vitamin harian ibarat vitamin A, vitamin C, vitamin E, beberapa mineral, hal ini mengurangi risiko degenerasi makula selama periode enam tahun sebesar 25%.

Studi juga memperlihatkan bahwa tetes vitamin A efektif untuk pengobatan mata kering. Vitamin A benar-benar penting dalam kemampuan penglihatan...

...seperti supaya mata sanggup beradaptasi dengan perubahan2 cahaya, menjaga kelembaban mata & meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Vitamin A berkontribusi pada kondisi retina yg sehat, juga mencegah kebutaan malam dengan meningkatkan penyesuaian dari mata insan untuk kedua cahaya terperinci & gelap.

#3. Antioksi&. Radikal bebas (oksi&) merupakan molekul-molekul yg sangat reaktif di dalam tubuh, yg hakekatnya sanggup merusak bio molekul penting di dalam sel-sel, termasuk DNA...

...akibatnya besarnya resiko badan terkena penyakit berbahaya ibarat serangan jantung, kanker hingga duduk kasus penuaan dini.

Salah satu bentuk Vitamin A yg dikenal dengan beta Karoten, itu ialah bentuk sebuah senyawa berupa antioksi&, yg berfungsi menangkal radikal bebas.

Kandungan retinol yg terkandung di dalam vitamin A bekerja cukup aktif untuk menghambat partikel beracun yg dibawa oleh radikal bebas, baik itu dari dalam badan maupun luar tubuh.

Senyawa antioksi& bekerja untuk mencegah terjadinya kerusakan genetik / DNA & RNA .

Vitamin A mempunyai sifat antioksi& yg menetralisir radikal bebas dalam badan yg beresiko pada kerusakan jaringan & sel.

Vitamin A sanggup mencegah sel-sel terlalu aktif. Ketika sistem kekebalan badan bereaksi berlebihan terhadap protein makanan, yg akhirnya menimbulkan alergi kuliner & pera&gan.

Sehingga vitamin A juga membantu untuk mencegah timbulnya beberapa jenis alergi makanan, alasannya yaitu kiprahnya untuk mencegah ancaman reaksi berlebihan ini.

loading...

#4. Mencegah kanker. Pentingnya mencukupi asupan Vitamin A bagi badan berguna dalam menghambat & mencegah munculnya DNA yg tumbuh subur di dalam sel kanker yg ada di dalam organ badan ibarat paru paru, usus, payudara, serviks, prostat & hati.

Kandungan Vitamin A diyakini bisa mencegah terjadinya kanker, hal itu Karena Vitamin A bekerja untuk menekanan pertanaman DNA pada sel-sel kanker, secara umum untuk mencegah pertanaman sel-sel kanker.

Dalam studi laboratorium & hewan, menemukan hasil penelitiannya bahwa kandungan kadar antioksi& eksogen telah terbukti berfungsi untuk mencegah kerusakan akhir radikal bebas yg berhu.bungan dengan perkembangan kanker.

Para peneliti telah menyelidiki, apakah konsumsi tambahan antioksi& diet membantu menurunkan risiko kanker pada manusia.

Banyak penelitian observasional yg dilakukan untuk menilik apakah penggunaan tambahan antioksi& kuliner dikaitkan dengan risiko penurunan kanker pada manusia.

Secara keseluruhan, studi ini menghasilkan hasil yg beragam, hal itu alasannya yaitu studi berbentuk observasional tidak memadai dalam mengontrol (semua faktor), yg mungkin bisa, menghipnotis hasil penelitian (sehingga tidak akurat alasannya yaitu beberapa faktor)…

....untuk itu, hasil dari setiap studi observasional individu harus dilihat & dicertami dengan hati-hati. Cancer.gov

Kanker lambung
Tetapi pada tahun 2009, publikasi sebuah penelitian yg sudah dilakukan selama  15 tahun, menemukan bahwa tidak ada perbedaan (signifikan) penurunan risiko maut akhir kanker lambung bagi mereka yg konsumsil tambahan antioksi& dibandingkan dengan mereka yg tidak. Cancer.gov

Kanker payudara
Kanker payudara ialah penyakit super mengerikan untuk wanita, yg perlu segera ditangani. Vitamin A bisa mencegah penyakit kanker payudara.

Berdasarkan penelitian para hebat di negara Amerika, menemukan hasil penelitian bahwa Vitamin A sanggup menghambat pertanaman kanker payudara pada wanita.

Vitamin A memang tidak secara pribadi menghambat sel kanker tersebut, melainkan melalui turunannya, yaitu asam retionat / retinol.

Kanker secara umum
Menurut sebuah studi yg dilakukan di University of York, vitamin A membantu mengobati beberapa jenis kanker, dengan kiprahnya yg bisa untuk mengontrol sel-sel ganas dalam tubuh.

Senyawa asam retinoat mempunyai tugas penting dalam permasalahan perkembangan sel, serta pengobatan kanker.

Masalah kanker ibarat pada paru-paru, prostat, kandung kemih, payudara, ovarium, mulut, & kulit telah terbukti bisa, diturunkan resikonya oleh asam retinoat.

Para peneliti menemukan bukti yg memperlihatkan bahwa prosedur molekuler dalam asam retinoat sanggup mengontrol kondisi sel-sel kanker '.

Dosis tinggi asam retinoat sanggup mengakibatkan sitotoksisitas, itu berarti sanggup menjadi "pemusnah" bagi sel-sel (yg merusak), untuk mencegah / menekan perkembangan sel kanker.

Perlu diingat selalu, yg terbaik ialah memperoleh asupan vitamin A dari sumber alami, sehingga tidak selalu mengkamulkan tambahan vitamin A.


#5. Mencerahkan Kulit. Ketika menghadapi duduk kasus berupakulit yg terlihat kusam / tidak yummy dilihat, maka disarankan untuk segera mencukupi kebutuhan vitamin A, alasannya yaitu manfaaatnya yg sanggup mengatasi & mencegah terjadinya penuan dini.

Yang artinya buat kulit menjadi cerah. Manfaat ini diperoleh alasannya yaitu pada Vitamin A terdapat kandungan retinol yg bergabung dengan AHA (Alpha Hydroxyacid), yg memperlihatkan imbas kelembapan untuk kulit wajah.

Adapun kekurangan vitamin A akan mengakibatkan pengeringan, & penebalan folikel kulit. Dimana sel-sel epitel kehilangan kelembaban & menjadi keras & kering.

Vitamin A juga diharapkan untuk penyembuhan luka, & mengoptimalkan proses pertanaman kulit.
Sebuah penelitian menunjukan bahwa vitamin A sanggup melawan jerawat & meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Vitamin A mengatasi duduk kasus yg berkaitan dengan garis & kerutan di kulit, yaitu dengan memproduksi lebih banyak kolagen, yg berfungsi untuk menjaga kulit tampak muda.

Vitamin A melindungi badan dari serangan radikal bebas & racun yg sanggup mengakibatkan kerusakan pada kulit. Hal ini penting untuk membantu menjaga kulit yg lembut & lentur

#6. Kekebalan tubuh. Vitamin A bekerja untuk meningkatkan imunitas badan dari infeksi, dengan meningkatkan respon limfosit terhadap antigen penyebab penyakit. Hal Itu untuk menjaga kekebalan badan yg baik, juga meningkatkan kegiatan sel darah putih.

Manfaatnya tidak hanya mencegah kuman memasuki tubuh, tetapi juga membantu untuk melawan infeksi sesudah kuman masuk ke dalam tubuh.

Gen yg terlibat dalam respon imun (kekebalan tubuh) diatur oleh Vitamin A, yg mempunyai tugas penting memerangi penyakit yg serius ibarat kanker & autoimun, serta juga penyakit ibarat flu /pun masuk angin.

Beta-karoten merupakan antioksi& berpengaruh yg bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan badan & mencegah banyak sekali penyakit kronis.

Vitamin A terutama sangat penting untuk membantu kekebalan anak-anak. Sebuah studi yg dilakukan di London menemukan bahwa penggunaan tambahan vitamin A mempunyai khasiat berupa penurunan angka maut anak 24% di negara-negara berpenghasilan rendah & menengah.

Studi ini juga menemukan bahwa kekurangan vitamin A pada anak-anak, berakibat meningkatnya resiko bawah umur terkena infeksi ibarat diare & campak.

#7. Kulit wajah. Zat retinol biasanya terkandung di keterangan kemasan produk krim. Retinol, Retinoid, Retin-A, & nama lainnya, intinya nama-nama tersebut merupakan turunan dari vitamin A.

Retinol dinilai sanggup mencerahkan & menghaluskan permukaan kulit, & mencegah tkamu-tkamu penuaan dini pada kulit.

Kulit membutuhkan semua vitamin penting untuk menjaga & memperbaiki sistem lapisan epidermis & dermis hingga ke tingkat DNA. Hal itu untuk buat kondisi kulit yg kencang & sehat.

Retinol mencegah penuaan dini, yg bisa meresap ke dalam kulit untuk memperbaiki sel-sel kulit, serta menyamarkan kerutan & garis-garis halus. Untuk memperoleh hasil maksimal, selain memenuhi asupan vitamin A, juga harus memenuhi asupan air putih.

Manfaatnya juga mencerahkan & menyamarkan noda hitam di kulit wajah, kandungan retinol yg biasanya dikombinasikan dengan AHA (Alpha Hydroxyacid) berguna untuk memberi kelembapan & mengoptimalkan pertanaman kolagen.

#8. Dapat membersihkan darah. Zat retinol & asam rerinoat yg ada pada vitamin A, mempunyai fungsi untuk melancarkan peredaran darah, selain itu menjaga kondisi pembuluh diseluruh tubuh, supaya berfungsi dengan baik.

Hal ini berguna untuk mencegah timbulnya pera&gan pada kulit, duduk kasus jerawat & infeksi akhir darah kotor, dimana darah kotor umumnya terjadi alasannya yaitu pemikiran darah yg kurang lancar, dimana darah mengalir pada seluruh jaringan organ di dalam tubuh.

#9. Kesehatan rongga hidung. Kandungan vitamin A bekerja untuk menjaga kondisi selaput lendir yg ada di dalam rongga hidung,  agar bisa, berfungsi secara optimal untuk menyaring oksigen...

...dimana oksigen yg dihirup memungkinkan bersamanya terdapat partikel kecil / semacamnya (yg tidak baik) ikut masuk ke dalam rongga hidung.

#10. Infeksi pernafasan. Masalah infeksi pernafasan terjadi alasannya yaitu kekebalan badan yg terganggu, duduk kasus menurunya kekebalan badan alasannya yaitu kekurangan asupan vitamin A.

Masalah lainnya yg ditimbulkan yaitu pertanaman yg terhambat & infeksi yg umum dialami anak-anak, dimana angka maut dilaporkan lebih dari 50% pada bawah umur yg kekurangan vitamin A tingkat parah.

#11. Mencegah Jerawat. Kandungan vitamin A bekerjsama mempunyai tugas untuk mengurangi sebum berlebih, yg hal itu penting untuk menurunkan risiko jerawat. Asupan vitamin A berfungsi untuk memperkuat jaringan pelindung kulit...

...yg penting untuk meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, serta vitalitas permukaan kulit. Manfaat lainnya untuk melindungi jaringan kulit & selaput lendir.

#12. Mencegah penuan dini. Memenihu kebutuhan akan asupan vitamin A dalam setiap harinya, mempunyai khasiat penting dalam mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Umumnya duduk kasus penuaan dini ini akan terlihat  saat usia sudah mencapai 20-an tahun.

#13. Kekuatan tulang & gigi. Vitamin A juga berperan penting dalam memperkuat tulang & gigi. Vitamin A membantu dalam pembentukan dentin, yg merupakan sebuah lapisan bahan2 keras sempurna di bawah permukaan gigi. Hal ini penting, membantu menjaga kekuatan & kesehatan gigi.

#14. Mencegah kencing batu. Batu ginjal terjadi alasannya yaitu kristalisasi kalsium oksperalatan (sejenis garam yg umumnya ada pada makanan). Konsumsi berlebihan kuliner yg mengandung kalsium oksperalatan /pun asam urat menimbulkan terjadinya watu ginjal.

Penyebab lainnya yaitu kurangnya mengkonsumsi cairan. Ketika seseorang kurang minum, air seni akan cenderung menjadi lebih kental, hal ini meningktkan resiko terjadinya kristalisasi garam & mineral.

Penyebab lainnya yaitu karea kelainan metabolisme tertentu yg buat badan lebih gampang memproduksi watu ginjal.

Vitamin A berfungsi untuk mencegah pembentukan watu di urin yg diakibatkan oleh penumpukan kalsium fosfat. Manfaatnya juga untuk melindungi lapisan kanal kemih, supaya mencegah pembentukan watu urin kembali.

Selain memenuhi asupan vitamin A, juga sangat penting mencukupi kebutuhan air minum sehari-hari, terutama mencukupi kebutuhan air putih yg sehat.

#15. Pembentukan otot. Vitamin A memainkan mempunyai tugas yg penting dalam proses pertanaman otot, terutama pada usia bawah umur & juga pertanaman otot ketika remaja. Hal ini penting untuk mencegah penyakit distrofi otot (mengakibatkan kesulitan bangkit & berjalan).

#16. Menurunkan kolesterol. Untuk menghindari & mengatasi duduk kasus koleserol, maka asupan vitamin A ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, hal ini penting untuk melindungi Anda dari penyakit jantung & stroke.

#17. Fungsi repoduksi pria. Vitamin A beguna untuk meningkatkan keberhasilan pembentukan sperma pada pria, yg menjaga & menyusun kadar kekentalan & kesuburan sperma dalam kondisi yg baik.

#18. Indung telur pada wanita. Vitamin A juga menyehatkan kondisi indung telur pada wanita, serta mamantapkan kesiapan untuk segera dibuahi ketika akan terjadi pembuahan.

#19. Perkembangan janin. Vitamin A gampang larut di dalam lemak & air. Sehingga mengkonsumsi vitamin A membantu perkembangan si janin. Vitamin A mempunyai tugas penting untuk perkembangan mata, organ mata, tulang, & kesehatan kulit janin.

Degnan kebutuhan vitamin A yg tercukupi selama masa kehamilan, maka pertanaman & perkembangan organ badan bayi menjadi semakin baik & berpengaruh hingga masa persalinan.

Vitamin A juga menjaga keelastisan & kekenyalan dinding  plasenta, supaya tidak gampang teriritasi & tidak gampang terjangkit pera&gan akbiat radikal bebas.

Sumber kuliner vitamin A
Vitamin A bisa, diperoleh ini dari banyak bahan2 makanan, ibarat susu, keju, yoghurt, telur, mentega, ikan salmon, daging ayam, hati ayam, hati sapi, ikan tuna, dll.

Contoh buah & sayuran yg kaya dengan beta-karoten ialah melon, mangga, bayam, wortel,, brokoli, buah naga, tomat, Ubi jalar, ubi merah, kangkung, cabe brokoli, kacang polong, paprika merah.

Buah-buahan terutama yg bewarna kuning, ibarat mangga & pepaya merupakan sumber vitamin A yg baik.

Yang perlu diperhatikan, meskipun hati merupakan sumber kuliner vitamin A, namun konsumsinya harus dibatasi, yaitu tidak lebih dari satu kali per minggu. Hal ini mencegah badan kelebihan asupan vitamin A. Ods.od.nih.gov

Akibat kekurangan vitamin A
Gangguan & kelainan pada mata, alasannya yaitu khasiat vitamin A sangat penting dalam menjaga & mengoptimalkan kesehatan mata. Kekurangan asupan vitamin A menimbulkan organ penglihatan bermasalah & fungsinya tidak optimal.

Masalah pada mata alasannya yaitu kekurangan vitmin A ibarat rabun jauh, rabun erat & katarak. Sehingga beberapa duduk kasus yg akan dihadapi alasannya yaitu penyakit pada organ penglihatan yaitu...

...menurunnya daya penglihatan, membaca & menatap layar LCD juga akan mengalami masalah.

Dampak jelek lainnya dari kekurangan vitamin A, yaitu... 
  1. Tubuh terara lemah & gampang letih
  2. A&ya duduk kasus pada perkembangan kognitif, afektif, & psikomotor
  3. Ra&g kelopak mata
  4. Bayi bisa, mengalami rabun senja & gangguan mata
  5. Berkurangnya kemampuan kekebalan badan tubuh
  6. Muah mengalami pusing, batuk, flu & demam
  7. Kulit kering, pecah-pecah & bersisik
  8. Mudah terjangkit infeksi kulit
  9. Rambut gampang rontok & kusam
  10. Kuku rapuh
  11. Gangguan pada kemampuan seksual.
  12. Dalam kondisi yg sangat buruk, badan rentan terjangkit penyakit berbahaya.

Risiko / imbas samping kelebihan vitamin A
Vitamin A kondusif jikalau dikonsumsi sesuai kebutuhan. Dimana takaran asupan vitamin A boleh lebih tinggi diberikan apabila seseorang mengalami kekurangan asupan vitamin A. Namun, tetap harus menurut rekomendasi & hukum dokter.

Beberapa risiko dari kelebihan vitamin A, yaitu:
  1. Tubuh mengalami keracunan, tanda-tanda yaitu pusing, muntah, kulit kering, & nyeri sendi.
  2. Gangguan hati
  3. Menurunnya kepadatan tulang
  4. Kelainan pada bayi yg lahir.
  5. Bagi Anda yg menderita penyakit hati / ginjal, maka perlu menghindari konsumsi tambahan vitamin A, apabila tidak direkomendasikan dokter.

Penting!! Jangan sembarangan dalam menggunakan tambahan tambahan2 vitamin A. Umumnya kebutuhan akan khasiat vitamin A sudah bisa, tercukupi dengan contoh makan yg baik. Konsultasikan kepada dokter jikalau Anda berencana menggunakan tambahan tambahan2 vitamin A.

Hal-hal yg perlu diperhatikan...
Karena Kekurangan lemak di dalam badan mengakibatkan vitamin A kesulitan untuk memecahkan dirinya supaya segera terserap oleh darah & mengalirkannya keseluruh jaringan penting organ tubuh…

...vitamin A hanya bisa, tersebar merata di jaringan badan dengan santunan zat lemak di dalam tubuh. Sehingga penting mencukupi asupan lemak, tetapi jangan berlebihan.

Lemak trans yg dihasilkan dari kuliner yg mengandung lemak jenuh secara berlebihan di dalam tubuh, hal ini tidaklah baik, alasannya yaitu malah  menghambat & menyumbat absorpsi vitamin A...

...untuk nantinya disebar ke semua pembuluh darah, yg akhirnya buat badan kekurangan vitamin A.

Sumber lainnya: Organicfacts.net, Draxe.com, dll

Subscribe to receive free email updates: