Nyeri Menstruasi Yang Tidak Normal Endometriosis

 pada masing masing perempuan akan dirasakan berbeda Nyeri Menstruasi yg Tidak Normal Endometriosis
Nyeri Menstruasi pada masing masing perempuan akan dirasakan berbeda-beda, ada yg ringan, ada yg hingga sangat tersiksa dikala siklus menstruasi datang, namun ada juga yg tidak pernah mencicipi nyeri Haid ini. Kondisi ini tentu disebabkan oleh banyak faktor & bisanya rasa nyeri akan berkurang sesudah seorang perempuan pernah melahirkan.

Siklus Menstruasi merupakan proses luruhnya endometrium, lapisan dinding rahim. Hal ini dikarenakan setiap bulan, rahim dipersiapkan untuk kehamilan dengan menebalnya dinding rahim yg penuh suplai darah bagi pertumbuhan janin. Dan apabila kehamilan tidak terjadi, maka badan akan mengalami menstruasi. Pada dikala itu pembuluh darah terbuka, & darah pada lapisan rahim luruh. Otot-otot rahim perempuan akan berkontraksi untuk mengeluarkan darah & jaringan.

Saat terjadi kontraksi ringan, seorang perempuan akan mengalami sensasi kram perut serpihan bawah lantaran darah akan dikeluarkan melalui rahim & serviks sebelum melewati organ reproduksi terluar wanita. Kontraksi ini dipicu oleh hormon prostaglandin yg tinggi sehingga menciptakan nyeri kram akan semakin terasa.

Nyeri Menstruasi yg biasanya lebih berpengaruh pada hari pertama & kedua masa menstruasi, kemudian akan semakin berkurang hingga hari kelima. Adapun Nyeri Menstruasi yg atau dysmenorrhea dibagi menjadi primer & sekunder. Pada jenis dysmenorrohea primer disebabkan oleh flutuasi hormonal & seiring usia akan semakin membaik. Selain itu Obat-obatan pereda nyeri golongan parasetamol atau ibuprofen akan efektif untuk mengatasi nyeri tersebut.

Nyeri Menstruasi sekunder merupakan nyeri haid yg disebabkan oleh kelainan pada sistem reproduksi. Pada masalah ini nyeri haid akan semakin memburuk seiring bertambah usia skala. Adapun penyebab tersering Nyeri Menstruasi sekunder ialah lantaran endometriosis.

Endometriosis merupakan pertumbuhan jaringan yg seolah-olah dengan dinding rahim (endometrium) di luar rahim. Pertumbuhan ini dapat terjadi di rahim, perut, atau area di luar rahim, contohnya paru. Nyeri lantaran endometriosis biasanya sudah dirasakan beberapa hari sebelum haid & berlangsung lebih usang dari siklus menstruasi yg dialami. Rasa sakitnya terka&g tidak tertahankan sehingga mengganggu kegiatan harian. Selain memicu rasa sakit, kondisi ini juga menjadi penyebab perempuan sulit hamil.

Dan untuk mengatasi Nyeri Menstruasi sekunder karena  Endometriosis biasanya ialah santunan obat kontrasepsi hormonal. Pada sebagian orang obat tersebut efektif mengurangi nyeri haid, & mengembalikan kesuburan wanita.

Ringkasan:
  • Nyeri Menstruasi dapat dirasakan berat, ringan, atau bahkan beberapa perempuan hampir tidak mencicipi nyeri haid,
  • Nyeri Menstruasi dibagi menjadi primer & sekunder yg pada sekunder dapat mengakibatkan gangguan kesuburan wanita,
  • Nyeri Menstruasi Primer biasanya akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Subscribe to receive free email updates: