24 Manfaat Bersepeda (& Pengaruh Sampingnya)

Bersepeda tidak diragukan lagi menyehatkan, & bersepeda sanggup di mana saja.

Jika bersepeda di desa / yg di “lingkungan hijau”, maka bersepeda bisa, sambil menikmati peman&gan alam.

Intinya, selain sebagai peralatan untuk rekreasi, bersepeda buat badan bergerak aktif.

 Bersepeda tidak diragukan lagi menyehatkan 24 Manfaat Bersepeda (& Efek Sampingnya)

Bersepeda sangat disukai banyak orang, termasuk anak-anak, orang lanjut usia, hingga para penyan&g cacat dengan dukungan perperalatanan khusus.

Lakukanlah bersepeda, setidaknya 150 menit dalam setiap minggunya. Misalnya, Anda sanggup bersepeda sebagai transportasi untuk bekerja, sekolah & semacamnya, / juga bersepeda di hari-hari libur.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan

#1. Memperkuat otot tubuh
Hampir semua anggota badan yg terlibat bergerak dikala bersepeda, mulai dari kaki yg mengayuh, juga tangan, punggung, & belahan badan yg lainnya akan terpicu bergerak.

Bersepeda akan buat otot-otot badan Anda menjadi lebih kuat & kencang.

Pelatih kebugaran di St. Catharines, Ontario, Jenny Brown menyampaikan “Bersepeda membantu menguatkan badan belahan bawah menyerupai paha depan, paha belakang & bokong dengan menyebarkan otot tersebut secara bersamaan".

#2. Menyehatkan jantung
Bersepeda termasuk olahraga kardio, hal itu sebab bersepeda (walaupun hanya 10 menit) sudah bisa, membantu memaksimalkan kinerja organ jantung, organ paru-paru, & sistem sirkulasi di dalam badan menjadi optimal.

Rajin bersepedasecara teratur membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam darah, menguatkan otot jantung, & menurunkan tekanan darah.

Menurunnya tingkat kolesterol jahat berarti mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Otot jantung yg biasa terlatih akan menjadi lebih baik fungsinya, yg buat proses peredaran darah & oksigen ke seluruh badan menjadi optimal.

Dengan baiknya kinerja sistem peredaran darah, hal ini sangat penting untuk menurunkan risiko stroke, serangan jantung, & tekanan darah tinggi.

Usahakan bersepeda hingga mengeluarkan keringat, yg berarti Anda akan memperoleh manfat yg besar.

Studi yg dilakukan British Medical Association, menemukan hasil bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu bisa untuk mengurangi risiko terjangkit penyakit jantung koroner sebesar 50%.


#3. Mengatur pernapasan
Entunya kita akan terengah-engah jikalau mengayuh sepeda dalam waktu usang / jarak hingga berkilo-kilo meter. Namun, hal itu sanggup menyehatkan pernapasan tubuh.

Manfaatnya berupa badan sanggup lebih tertaur dalam bernapas.

Untuk itu juga, jikalau ingin bersepeda dalam waktu cukup usang (lebih dari 30 menit), disarankan sebelum olahraga bersepeda untuk melaksanakan pemanasan tubuh.

#4. Memperkuat Kerangka Tubuh
Apabila ada yg menduga jikalau sering bersepeda akan buat postur badan sedikit membungkuk. Hal ini tidaklah besar, hal itu sebab dengan bersepeda, justru kerangka badan menjadi semakin kuat & tegak.

Dengan tulang yg kuat tentunya akan buat Anda lebih gampang melaksanakan acara sehari-hari. Bersepeda sanggup meningkatkan kekuatan, kepadatan & keseimbangan tulang, sekaligus juga mencegah osteoporosis.

#5. Menjaga berat ba&
Bersepeda ria yg dilakukan juga sanggup dijadikan tujuan diet, dengan contoh makan yg terjaga, maka sangat efektif melaksanakan acara bersepeda untuk mencegah kegemukan pada tubuh.

Saat bersepeda, kinerja kardiovaskular & otot menjadi maksimal, yg juga memaksimalkan pembakaran kalori di dalam tubuh, bersamaan dengan tingkat metabolisme badan yg meningkat...

...sehingga bagi Anda yg suka bersepeda sanggup menurunkan berat ba& dengan mudah.

Bersepeda sanggup memperabukan kalor sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan biasa (bersepeda santai).

Dapat memperabukan 400 kalori per jam apabila bersepeda dengan kecepatan 11 mph.

Dapat memperabukan 700 kalori apabila bersepeda di me& berat selama 1 jam.

Jika Anda memperabukan 300 kalori saja dalam sehari, berarti Anda sudah bisa, menurunkan berat ba& 1 Kg dalam 25 hari.

#6. Menjaga kesehatan sendi tubuh
Selain otot, sendi-sendi pada kaki & tangan akan ikut aktif dikala bersepeda, menyerupai sikut, lutut, pergelangan kaki, & pergelangan tangan...

...bagian sendi tersebut secara otomatis bekerja & bergerak dikala bersepeda. Hal ini memperlihatkan khasiat, yg buat persendian menjadi semakin fleksibel.

Gerakan yg melibatkan hampir semua tubuh, buat otot & sendi-sendri badan tersebut mengalami peningkatan aktivitas...

...yg buatnya lebih kuat & fleksibel. Selain itu, koordinasi & keseimbangan badan juga ikut terlatih.

loading...

#7. Mengatasi stress
Saat bersepeda, badan akan terpicu untuk mengeluarkan hormon yg berjulukan endorfin. Hormon endorfin mempunyai imbas untuk memicu rasa nyaman & suasana hati (mood) menjadi cenderung positif.

Selain itu, hormin endorfin juga berfungsi untuk mengurangi rasa sakit.

Dengan mood yg manis & rasa nyaman di dalam tubuh, sangat penting untuk mengurangi beban yg menggelayuti pikiran.

Apalagi dengan peman&gan yg manis dikala bersepeda di alam sekitar, maka menjadi sangat efektif untuk menghilangkan stres secara maksimal.

Dengan begitu, apabila mengalami depresi / stress, cobalah ke luar rumah menuju ke alam sekitar untuk bersepeda. Yang buat rasa penat di dalam jiwa menjadi hilang.

#8. Meningkatkan Stamina
Bersepeda dinilai menjadi cara yg sangat  baik untuk meningkatkan stamina, hal ini sebab akivitas mengayuh sepeda umumnya lebih usang daripada melaksanakan aerobik / berjalan kaki.

Bersepeda sanggup memperkuat organ jantung & paru-paru, sehingga badan menjadi terlatih, untuk nantinya bisa melaksanakan acara sehari-hari dengan baik & lancar.

#9. Mencegah kanker
Kanker tergolong penyakit yg cepat menjalar ke seluruh tubuh. Perkembangan kanker di dalam badan yg paling banyak dikhawatikan orang-orang.

Anda sanggup membantu badan untuk terhindari dari kanker dengan hanya melaksanakan olahraga sepeda.

Bersepeda buat badan mengeluarkan keringat & tentunya sehat, sehingga memperkecil resiko berkembangnya sel kanker.

#10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Beberapa studi telah memperlihatkan bahwa acara menyerupai bersepeda mempunyai dampak faktual pada sistem kekebalan tubuh, yg artinya badan tidak gampang jatuh sakit, dari serangan penyakit.

Orang yg mengalami kondisi kekebalan yg lemah, rentan mengalami penyakit menyerupai batuk & pilek.

#11. Membuat Awet Muda
Bersepeda secara teratur bekerjsama sanggup berdampak baik bagi kulit, hal itu sebab dengan bersepeda membantu peningkatan anutan darah yg lebih banyak oksigen ke jaringan kulit...

...yg hal ini sangat baik untuk membantu proses pengeluaran racun berbahaya dari dalam badan (melalui keringat), serta buat Anda terlihat lebih muda.


#12. Meningkatkan kerja otak
Profesor Arthur Kramer menjelaskan bahwa bersepeda sanggup meningkatkan anutan darah ke otak, hal ini berguna untuk mencegah penyakit alzheimer.

Para peneliti dari Universitas Illinois juga menemukan bahwa bersepeda mempunyai kegunaan untuk meningkatkan kesehatan mental hingga 15 persen. Yang berdampak baik juga dalam perkembangan sel-sel otak.

#13. Mengurangi resiko diabetes
Diabetes tipe 2 termasuk penyakit berbahaya yg menjadi ancaman serius. Penyakit ini bisa, menyerang siapa saja, mulai dari belum dewasa hingga orang tua.

Penyakit diabetes sanggup dicegah dengan rutin melaksanakan acara fisik, salah saunya yg disarankan adalah rajin bersepeda, disamping juga memenuhi keseimbangan nutrisi tubuh.

Pada sebuah penelitian yg dilakukan dalam skala besar di negara Finlandia. Hasil penelitian menemukan bahwa orang yg bersepeda lebih dari 30 menit per hari mempunyai 40 persen risiko lebih rendah terkena diabetes

#14. Mengecilkan paha
Memiliki timbunan lemak di paha tentunya cukup mengganggu, terutama untuk kaum perempuan yg sanggup mengurangi kepercayaan diri.

Dengan olahraga bersepeda, maka kaki menjadi belahan badan yg paling banyak bergerak, yg hasilnya adalah banyak lemak akan dibakar, yg alhasil buat ukuran paha menjadi proporsional.

Selain itu, mengayuh pedal sepeda buat otot-otot mulai dari paha hingga pergelangan kaki menjadi terangsang biar menjadi lebih kencang & kuat.

#15. Meningkatkan energi & semangat
Apabila Anda kurang bersemangat dikala di kantor, tempat kuliah / sekolah, cobalah untuk membiasakan diri bersepeda, termauk berangkat dengan bersepeda...

...mungkin agak merepotkan, tetapi khasiatnya cukup sepa&. Dimana, menurunnya badan yg gampang lelah & lesu merupakan indikasi kurang berolahraga.

Sehingga dengan bersepeda ini (dibandingkan berkendaraan bermotor) maka akan memicu badan untuk lebih berenergi & bersemangat.

Manfaat bersepeda untuk bersosialisasi & lainnya:

#16. Berpeluang menambah banyak teman
Jika Anda hobi bersepeda, maka nantinya akan tertarik mengikuti sepeda santai. Maka, dari situ Anda akan bertemu dengan banyak orang baru.

Sehingga kau nantinya bisa, ikut bergabung dengan kelompok / klub sepeda. Sehingga dengan bersepeda bersama, sanggup menambah sosialiasi di antara banyak orang yg hobi bersepeda.

Memiliki hobi bersepeda, maka akan menjadi tertarik untuk mengikuti event-event menyerupai sepeda santai. Anda nantinya bertemu dengan banyak orang gres yg mempunyai hobi sama.

#17. Dapat berhemat
Mungkin Anda pernah mendengar istilah “Bike To Work”. Dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda sanggup menghemat biaya transportasi sehari-hari.

Karena memang diakui, biaya transportasi yg ada umumnya cukup mahal, termasuk menggunakan kendaraan eksklusif maka perlu membeli bensin.

Jika menggunakan sepeda, maka uang untuk membeli bensin / membayar biaya angkutan umum bisa, untuk ditabung.

#18. Membuat Pikiran Lebih Tenang
Dengan bersepeda, buat pikirkamupat lebih tenang. Hal itu sebab dikala mengayuh sepeda, ada irama keteraturan yg dilakukan.

Kegiatan fisik yg dilakukan juga bisa, besar lengan berkuasa pada pikiran seseorang. Sehingga sesudah bersepeda, memberkan imbas berupa kenyamanan & kepuasan di dalam jiwa.

#19. Mengatasi dilema kemacetan
Jika Anda tinggal di ibukota, tentunya sudha mengetahui kondisi kemacetan yg setiap hari terjadi. Dengan bersepeda, maka Anda bisa, menempuh jalan-jalan kecil /pun menyalip dengan mudah, sehingga Anda sanggup terhindar dari penatnya kemacetan.

#20. Mendukung gerakan “Go Green”
Dengan membiasakan menggunakan sepeda dibandingkan motor /pun mobil, berarti Anda telah mendukung gerakan Go Green...

...artinya Anda telah ikut dalam berusaha untuk menyelamatkan bumi yg sudah semakin panas (akibat penggunaan kendaraan bermotor, pabrik, dll).

Walaupun gres sedikit ikut gerakan Go Green, tapi jikalau Anda konsisten melakukannya, maka bisa, menginspirasi orang lain.

#21. Sangat ramah lingkungan
Jika bersepeda, tentunya Anda tidak perlu mengisi bahan2 bakar menyerupai bensin. Sehingga ketika dikayuh maka tidak akan ada asap kendaraan yg keluar (asap kendaraan menimubulkan polusi yg merusak bumi).

Dengan lebih menentukan bersepeda sebagai peralatan kendaraan, bararti Anda berkontribusi untuk buat lingkungan yg menjadi lebih bersih.

#22. Meningkatkan kemampuan dalam olahraga lainnya
Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan olahraga lainnya menyerupai sepak bole, bola basket, tenis lapangan & lainnya.

Pada sebuah studi medis yg dilakukan di Norwegia, yg digelar oleh sebuah klub aerobik, memperlihatkan hasil bahwa dengan bersepeda bisa, meningkatkan kekuatan tubuh, kelincahan, & keseimbangan...

...yg hal ini dinlai bisa, berdampak besar untuk kemampuan dalam olahraga lainnya.

#23. Memicu jiwa untuk buat terobosan kreatif
Banyak Penulis, seniman & lainnya yg sering bersepeda untuk mendapat sebuah ide gres yg kreatif.

Sebuah studi yg dilakukan para ahli, menemukan bahwa hanya 25 menit bersepeda, setidaknya bisa, menghasilkan satu pemikiran kreatif.

#24. Menghilangkan kecanduan negatif
Jika seseorang terkena dilema kecanduan pada hal-hal negatif menyerupai rokok, alkohol, & sebagaianya, maka dengan bersepeda diperlukan bisa menghilangkan kecanduan tersebut.

Hal ini sebab kegiatan bersepeda sudah diyakini banyak orang bisa buat hidup menjadi lebih bahagia, lebh kreatif & lebih sehat.

Tips dalam bersepeda:
  1. Periksa sepeda Anda sebelum bersepeda ria, pastikan semua komponen sepeda baik, mulai dari rem, hingga kondisi ban.
  2. Kenakan pelindung kepala, siku, & lutut, sehingga mengurangi resiko parah ketika terjadi kecelakaan di jalan.
  3. Pastikan Anda terlihat oleh pengendara lain apabila Anda bersepeda di jalanan umum yg gelap. Pastikan Anda bisa, dilihat oleh pengguna kendaraan lain. Disarankan pasanglah lampu & gunakan baju yg berwarna terang.
  4. Pastikan Anda selalu memberi tkamu kepada para pengguna jalan lain dikala akan berbelok / berhenti. Jangan lakukan secara mendadak! Gunakan sinyal lengan sebelum berbelok ke kanan / kiri
  5. Lihatlah ke belakang sebelum Anda berputar balik, menyalip, / berhenti
  6. Ketika menyalip kendaraan beroda empat yg se&g terparkir, hati-hati pada dikala orang yg di dalam kendaraan beroda empat tersebut membuka pintu kendaraan beroda empat secara tiba-tiba
  7. Hindari mnggunakan ponsel dikala bersepeda
  8. Disarankan menghindari daerah-daerah yg ramai kendaraan bermotor untuk mengurangi paparan polusi.

Efek samping sepeda
#Bersepeda tidak dianjurkan bagi orang yg mengalami dilema dengan sendi & nyeri rematik.

#Bersepeda terlalu usang bisa, menurunkan kualitas dari sperma laki-laki.

#Menurut penelitian para jago di Yale University, perempuan yg bersepeda dengan posisi handlebar (setang) rendah mempunyai risiko tinggi terkena dilema kesehatan seksual.

Naik sepeda dengan posisi setang rendah, menimbulkan tekanan besar pada kawasan organ kelamin. Kondisi ini menimbulkan mati rasa yg mengarah pada disfungsi seksual.

Penelitian dilakukan dengan melibatkan 48 responden perempuan dengan frekuensi tinggi mengayuh sepeda, setidaknya 16 mil (sekitar 25,5 km) seminggu. Para peneliti mengamati & mencatat, dimana dominan perempuan menykamurkan berat ba& mereka ke depan pada penygga di tangan.

Posisi punggung cenderung membentuk sudut 30 – 45 derajat ke arah depan. Semakin rendah posisi setang, semakin besar risiko gangguan seksual.

#Efek negatif bersepeda juga bisa, dialami kaum pria. Sebuah penelitian yg dipresentasikan pada konferensi Reproduction and Embryology European Society, memperlihatkan imbas negatif bersepeda pada seksualitas laki-laki.

Pria yg TERLALU SERING mengendarai sepeda, setidaknya 290 kilometer per minggu, cenderung mempunyai kualitas & kuantitas sperma yg lebih jelek dari sekelompok laki-laki sehat yg jarang bersepeda.

Untuk menghindari hal tersebut, hindari bersepeda terlalu lama, maksimal hanya 1 jam.

Penurunan kualitas & kuantitas sperma diyakini sebab terjadinya tabrakan antara testis & sadel sepeda. Bisa juga sebab kondisi panas jawaban tabrakan dikala mengayuh, & kondisi celana cenderung ketat.

#Gerakan berulang yg dilakukan dikala bersepeda bisa, menimbulkan dilema pada lutut, hal ini dipicu jikalau ada peningkatan dalam kecepatan, jarak terlalu jauh, & penggunaan sadel yg terlalu tinggi / terlalu rendah.

#Sering menggunakan sepeda gunung berisiko mengalami dilema pada tulang punggung, sebab penggunaan sepeda gunung umumnya dilakukan dengan kecepatan tinggi & jalur yg ekstrim.

Referensi:
  1. 30 great benefits of cycling - bikeradar.com
  2. Health Benefits of Cycling - organicfacts.net
  3. The top 5 benefits of cycling - harvard.edu

Subscribe to receive free email updates: