14 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan (Serta Efek Sampingnya)

Mungkin Anda pernah mendengar peribahasa "dunia tak selebar daun kelor", hal itu alasannya yaitu daun kelor mempunyai ukuran yg kecil.

Walau kecil ukurannya, daun kelor mempunyai banyak khasiat penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan, para ilmuan menyebutnya sebagai pohon gila (Miracle Tree).

Daun kelor berbentuk lingkaran lonjong, & ukurannya yg kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan.

 Mungkin Anda pernah mendengar peribahasa  14 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan (Serta Efek Sampingnya)

Penelitian mengenai khasiat daun kelor telah dimulai semenjak 1980. Sebenarnya tidak hanya serpihan daun kelor saja yg diteliti oleh para ilmuwan, namun juga bagian-bagian lainnya menyerupai kulit batang, biji, & buahnya.

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi belum dewasa & bayi dalam masa pertanaman untuk mengkonsumsinya, alasannya yaitu khasiat dari kandungan daun kelor yg besar, yaitu mengandung:
  • Potasium tiga kali lipat dari pada pisang.
  • Kalsium empat kali lipat daripada susu.
  • Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk.
  • Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
  • Dua kali lipat protein dari pada susu.

Organisasi WHO yg menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree sesudah menemukan banyak khasiat penting daun kelor.

Lebih dari 1.300 studi, artikel & laporan telah menjelaskan wacana khasiat kelor & kemampuan dalam penyembuhan penyakit, yg penting dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit & duduk kasus kekurangan gizi.

Penelitian memperlihatkan bahwa hampir setiap serpihan dari tumbuhan kelor mempunyai khasiat penting, yg sanggup dikhasiatkan dalam beberapa cara.

Manfaat Daun Kelor

1. Menjaga Berat Ba&

Tentunya kita ingin biar badan tetap seimbang berat ba&nya. Studi yg dilakukan para mahir menemukan bahwa teh kelor membantu untuk menangani duduk kasus pencernaan, yg khasiatnya untuk merangsang metabolisme badan biar optimal dalam memperabukan kalori.

Sebagian orang buat teh dari daun kelor, hal ini sangat baik alasannya yaitu a&ya khasiat kandungan yg kaya akan polyphenol.

Itu merupakan antioksi& yg mempunyai fungsi penting berupa meningkatkan sistem imun badan & berkontribusi dalam proses pembuangan racun dari dalam tubuh.


2. Menghilangkan Flek Wajah

Ramuan sederhananya, ambil beberapa daun kelor yg masih muda, tumbuk sampai sangat halus, kemudian gunakan sebagai bedak (/ juga bisa, dicampur dengan bedak).

Ekstrak dari daun kelor bekerjsama sudah sangat populer, dimana ekstrak kelor sering dikhasiatkan sebagai bahan2 baku untuk produk-produk kecantikan (kosmetik).

Ekstrak kelor bukan hanya dipakai di Indonesia, tapi di dunia. Bagian tumbuhan kelor yg sanggup dikhasiatkan yaitu daun, kulit batang, .bunga & bijinya.

Kandungan-kandungan penting menyerupai kalsium, zat besi, zinc, magnesium, tembaga, mangan, & silika ditemukan di dalam daun kelor.

Beberapa penggunaan daun kelor memperlihatkan banyak khasiat bagi kulit, diantaranya yaitu membersihkan & mengangkat sel kulit mati, serta sanggup juga dijadikan sebagai pelembab alami.

Daun kelor bisa, dikatakan kaya akan senyawa antioksdian, dimana di dalam daun kelor terkandung sekitar 30 senyawa antioksi&.

Antikso& mempunyai tugas yg sangat besar (bahkan utama) dalam menjaga kesehatan & keindahan kulit, bahkan juga berfungsi dalam pencegahan kanker kulit.

Selain kaya akan antioksi& & mineral, daun kelor mengandung asam amino & vitamin.

Manfaat dari kandungan daun kelor juga sangat penting dalam proses pembentukan kolagen & protein keratin, keduanya-lah yg berfungsi & bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan jaringan kulit.

Untuk membersihkan flek di wajah, berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama campurkan 2 sdm pasta kelor dengan madu.
  2. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada wajah.
  3. Setelah final membalurkan ramuan pada wajah, kemudian diamkan dalam kondisi demikian selama 15-20 menit. 
  4. Lalu bersihkan wajah kembali dengan air biasa.

Perawatan ini dilakukan 2-3 kali dalam seminggu, yg berlangsung dalam jangka waktu satu bulan. Manfaat yg diperoleh yaitu wajah menjadi lebih cerah, & flek pada wajah akan menghilang secara perlahan.

3. Mekhasiatkan Daun Kelor untuk Kecantikan

Hal ini bisa, menjadi cara alami untuk perawatan kecantikan. Selain menggunakan minyak atsirinya & bubuk kelor yg bisa, diperoleh dengan gampang (banyak yg menjual), tentunya daunnnya juga sanggup dipakai untuk perawatan kecantikan.

Hal awal yg perlu Anda lakukan ialah buat pasta daun kelor. Pastikan Anda menentukan daun kelor yg segar (terlihat masih hijau), pisahkan daunnya dari rantingnya alasannya yaitu yg dipakai hanya daunnya saja.

Lalu daun kelor dihaluskan, caranya dengan ditambahkan sedikit air saja. Hal ini dilakukan biar nantinya daun kelor menjadi bentuk pasta.

Kemudian jadikan ramuan tersebut sebagai masker. Pasta daun kelor tersebut bisa, disimpan di dalam lemari es selama 3 hari.

Dengan menyimpannya sehingga kapan saja Anda bisa, melaksanakan perawatan ini tanpa perlu capek-capek buat pastanya.

loading...

4. Daun Kelor Cukupi Gizi Ibu Menyusui & Anak

Penelitian-penelitian untuk mendalami khasiat tumbuhan kelor masih sangat minim di Indonesia, sehingga bisa, dikatakan tertinggal dengan luar negeri.

Perlu tugas aktif pemerintah untuk mendorong para ilmuwan lokal biar melaksanakan banyak penelitian, sehingga bisa, mekhasiatkan tumbuhan kelor secara maksimal.

Hal ini nantinya biar produk-produk lokal bisa, bersaing dengan produk-produk luar negeri.

Ada khasiat besar tumbuhan kelor yg bisa, diperoleh yaitu untuk meningkatkan kualitas gizi pada ibu menyusui, yg nantinya juga akan berdampak nyata untuk anaknya.

Daun kelor mempunyai kandungan luar biasa, sebut saja zat-zat penting yg terkandung di dalamnya menyerupai vitamin C, zat besi, protein & senyawa flavonoid yg khasiatnya mendorong produksi ASI yg berkualitas pada ibu menyusui.

Hal yg menarik & menakjubkan, daun kelor mempunyai kandungan zat besi yg tinggi yaitu sampai 25 kali lipat dibandingkan zat besi yg terkandung dalam bayam.

Sehingga daun kelor disarankan dikonsumsi oleh perempuan yg telah final melahirkan, dimana kondisi sesudah melahirkan menimbulkan badan kekurangan zat besi.

Selain itu perempuan menstruasi juga bisa, kehilangan banyak zat besi, sehingga disarankan juga mengonsumsi daun kelor, daun bayam, / kuliner lainnya yg kaya akan zat besi.

Anak-anak / bayi di atas usia enam bulan sudah diperbolehkan mengonsumsi daun kelor.

Hanya saja perlu diingat, ibu hamil (se&g mengandung) hendaknya menghindari konsumsi daun kelor, khususnya pada masa kehamilan trisemester pertama.

5. Menyehatkan Mata

Daun kelor bekerjsama gampang didapatkan alasannya yaitu memang tumbuh subur di Indonesia. Daun kelor mempunyai kandungan tinggi vitamin A yg sangat baik untuk mata.

Beberapa fungsi kandungan vitamin A untuk kesehatan mata yaitu:
  • Mencegah resiko penyakit mata plus, minus & silinder.
  • Mencegah penyakit katarak. 
  • Melindungi kesehatan mata secara umum.

Penderita diabetes hendaknya meningkatkan asupan vitamin A alasannya yaitu khasiatnya yg sanggup menjernihkan penghilatan.

Daun kelor sanggup dikhasiatnya dalam menyembuhkan penyakit mata, bisa, dengan dimakan secara eksklusif (setelah daun dibersihkan), / dijadikan sayur bening.


6. Antioksi& & Senyawa Anti-inflamasi

Menurut sebuah laporan yg diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, daun kelor mengandung adonan asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksi& menyerupai quercetin, & senyawa antibakteri alami yg mempunyai fungsi menyerupai obat anti-inflamasi.

Daun kelor mempunyai beberapa senyawa anti-penuaan yg bisa menurunkan efek stres oksidatif & pera&gan.

Manfaat semakin optimal dengan a&ya senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, & asam klorogenat.

Kandungan-kandungan tersebut diketahui mempunyai khasiat penting dalam penurunan risiko penyakit kronis, menyerupai kanker usus besar, perut, paru-paru, diabetes, hipertensi, & penyakit mata akhir faktor usia.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Tentunya dengan mengonsumsi kuliner sehat maka akan berdampak nyata pada organ-organ tubuh, termasuk ginjal yg mempunyai fungsi sangat penting di dalam tubuh.

Menjaga referensi makan yg sehat akan buat fungsi ginjal berjalan dengan baik. Adapun bila mengonsumsi kuliner tidak sehat maka akan membahayakan kesehatan organ ginjal.

Jika seseorang terkena ganguan fungsi ginjal maka ini ialah duduk kasus yg serius.

Salah satu kuliner sehat yg disarankan dikonsumsi yaitu daun kelor, yg khasiatnya sanggup meningkatkan kesehatan ginjal secara signifikan.

8. Memperlambat Efek Penuaan

Sebuah penelitian melaksanakan pengujian khasiat kelor sebagai antioksi&. Peneliti ingin menyidik apakah daun kelor bisa, membantu memperlambat efek penuaan alasannya yaitu khasiat antioksi& yg dimiliki daun kelor.

Penelitian dengan melibatkan sembilan puluh perempuan yg sudah masuk masa menopause (usia 45-60 tahun), mereka dibagi menjadi tiga kelompok, dengan masing-masing diberikan pelengkap yg berbeda.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa suplementasi dengan daun kelor & bayam sanggup berguna untuk memperlambat efek penuaan secara signifikan.

Selain itu khasiat daun kelor bisa menyeimbangkan kadar hormon di dalam badan secara alami.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian lab yg diterbitkan di Journal of Medicinal Food tahun 2009 menemukan bahwa daun kelor bisa mencegah kerusakan jantung & juga memperlihatkan khasiat antioksi&.

Penelitian tersebut berlangsung selama 30 hari. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor memperlihatkan khasiat yg signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan, untuk memperkuat hasil inovasi ini.

10. Anti Kanker

Pada studi mengenai kultur jaringan sel kanker serviks manusia, yg diterbitkan di jurnal “Food and Chemical Toxicology” tahun 2011.

Ekstrak kelor bisa mencegah pertanaman & reproduksi sel-sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor memperlihatkan potensi sebagai pencegahan alami kanker.

Antioksi& di dalam daun kelor sangat tinggi, selain itu terdapat kandungan potasium. Hal ini buat daun kelor mempunyai khasiat untuk menghambat perkembangan sel kanker yg ada di dalam tubuh.

Loading...

11. Mengatasi Diabetes

Tingginya kandungan mineral seng dalam daun kelor, buat daun kelor mempunyai sifat anti diabetes.

Kandungan tersebut diharapkan untuk produksi insulin, demikian berdasarkan peneliti dari University of Wiconsin LaCrosse, yg melaksanakan penelitian lab yg diterbitkan di Journal of Diabetes tahun 2012.

Daun kelor sanggup mengurangi kadar gula dalam darah ke tahap normal. Daun kelor sanggup dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes.

Konsumsi sayur daun kelor bisa, mencegah penyakit gula darah / diabetes.

Selain itu, senyawa asam chlorogenic yg ditemukan di dalam daun kelor terbukti berkontribusi dalam membantu mengontrol kadar gula darah.

12. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Daun kelor mempunyai sifat anti-inflamasi yg sanggup mencegah / meredakan sakit maag & keluhan pencernaan secara umum.

Penggunaan umum dari minyak kelor membantu meningkatkan fungsi hati, hal ini penting untuk proses detoksifikasi racun & zat berbahaya di dalam tubuh.

Manfaat dari mengonsumsi sayur daun kelor berpotensi untuk membantu mengatasi duduk kasus sembelit, watu ginjal, bisul akses kemih, retensi cairan & diare.

13. Menyehatkan Kulit Tubuh

Daun kelor mengandung vitamin c & antioksi& yg sangat tinggi, yg khasiatnya sangat penting bagi kesehatan kulit.

Daun kelor bisa, dijadikan sayur, bila rutin dikonsumsi mempunyai khasiat untuk menghaluskan kulit & mencegah timbulnya jerawat.

Daun kelor yg ditumbuk juga bisa, dijadikan sebagai masker wajah, yg khasiatnya bisa, buat kulit wajah lebih halus & sehat.

Hal lainnya, daun kelor mempunyai sifat antibakteri alami, antijamur & mengandung senyawa antiviral yg melindungi kulit dari infeksi.

14. Menstabilkan Mood & Melindungi Kesehatan Otak

Daun kelor mengandung protein tinggi & juga sebagai sumber yg kaya asam amino triptofan. Hal ini menimbulkan daun kelor mempunyai khasiat sebagai neurotransmitter, termasuk meningkatkan mood (suasana hati).

Adapun Kandungan antioksi& & senyawa tiroid, berguna untuk menjaga tingkat energi tubuh, biar mencegah kelelahan yg berlebihan, depresi, mood jelek & insomnia.

Efek Samping Daun Kelor

Daun kelor cukup kondusif dikala diminum & dipakai dengan tepat. Daun, buah, & biji-bijian intinya kondusif dikonsumsi sebagai makanan. Namun, hindari konsumsi akar tumbuhan kelor alasannya yaitu mengandung zat beracun.

Konsumsi tumbuhan kelor perlu dihindari untuk ibu hamil alasannya yaitu bahan2 kimia yg terkandung di dalamnya dikhawatirkan menimbulkan komplikasi selama masa kehamilan.

Referensi:
Draxe. Moringa Benefits Hormonal Balance, Digestion, Mood & More.
Kisdiantoro. Tribunnews Jabar (2016). Jangan Sepelekan Daun Kelor, Meski Kecil Bisa Membuat Tubuhmu Selangsing Dian Sastro.
Sumardi, Edi. Tribunnews Makassar (2015). Mau Hilangkan Flek di Wajah? Berikut Caranya Pakai Kelor. 
Desideria, Benedikta. Liputan 6 (2015). Daun Kelor Cukupi Gizi Ibu Menyusui & Anak.
Riana. Jitunews (2015). Ini Khasiat Jitu Daun Kelor Menurut Pakar Herbal Tati Winarto.

Subscribe to receive free email updates: