Manfaat Lengkap Daun Sirih Hijau & Merah (Cara Penggunaannya)

Orang dahulu sudah sangat mengenal yg namanya daun sirih, dari dulu nenek-nenek kita sudah terbiasa dengan budaya “nyirih” nya.

Daun sirih sendiri mempunyai banyak jenis, yaitu yg berwarna merah, hijau, & hitam. Yang terkenal yaitu daun sirih hijau & merah.

Sirih sudah usang dipercaya oleh para leluhur untuk dijadikan pengobatan alternatif. Adapun budaya “nyirih” itu sendiri untuk memperkuat gigi & gusi, yg ternyata sudah terbukti hasilnya.

 Orang dahulu sudah sangat mengenal yg namanya daun sirih Manfaat Lengkap Daun Sirih Hijau & Merah (Cara Penggunaannya)

Langsung saja, berikut di bawah ini beberapa khasiat daun sirih, beserta ramuannya:

#Air rebusan sirih untuk kesehatan gigi
Khasiat pertama daun sirih yg dibahas yaitu untuk kesehatan gigi. Penelitian telah menemukan bahwa air rebusan daun sirih bisa untuk menghilangkan plak, yg khasiatnya menyerupai kumur-kumur dengan mouthwash, be&ya air rebusan sirih sangat murah, gampang didapat & alami.

Dengan semakin terjaga kebersihan rongga mulut, maka akan semakin sehat rongga mulut. Sangat penting menjaga rongga ekspresi & gigi semoga selalu higienis dari plak. Adapun plak di gigi sendiri muncul dari sisa masakan yg tidak dibersihkan.

Keberadaan plak di gigi menimbulkan ra&g gusi (gingivitis) & ra&g pada jaringan pendukung gigi lainnya, yg bisa, buat gigi berlubangn parah.

Pembersihan plak bisa, dengan 2 cara, yaitu mekanis & khemis. Cara mekanis yaitu dengan menyikat gigi yg baik & benar, tetapi kalau tidak dilakukan dengan benar menimbulkan pencucian mekanis tidak maksimal.

Untuk itu, Anda juga bisa, melaksanakan pencucian dengan cara khemis. Anda bisa, mengkombinasikan antara menyikat gigi & berkumur dengan ramuan khusus.

Apalagi, terka&g membersihkan gigi dari plak dengan menyikat gigi tidak cukup, sehingga lantaran itu dibuatlah produk mouthwash, yg membantu untuk menjaga kebersihan rongga ekspresi secara maksimal dengan cara berkumur.

Penggunaan obat kumur ini sangat efektif untuk menghambat pembentukan plak, mencegah perlekatan basil & menghambat pertanamannya.

Anda bisa, menggunakan mouthwash ala alami, berupa air rebusan sirih. Berdasarkan hasil penelitian bahwa air rebusan daun sirih terbukti untuk menghilangkan plak di dalam rongga mulut.

Untuk pembuatan ramuannya, rebus selembar daun sirih dengan 2 gelas air (/ lebih) hingga mendidih. Kemudian, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukan secara rutin.


#Mengunyah daun sirih
Daun sirih merupakan sebuah tumbuhan obat penting di Asia Tenggara. Daun sirih mempunyai aroma yg khas lantaran mengandung minyak esensial yaitu fenol & terpen.

Menurut Asian Pacific Journal of Cancer Prevention tahun 2011, beberapa khasiat mengunyah daun sirih yaitu mmapu mencegah busuk ekspresi & menjaga kesehatan gigi & gusi.

Batang & daunnya emiliki khasiat untuk mengobati gangguan pencernaan, sembelit, batuk, & asma. Minyak esensial dari daunnya berguna sebagai antiseptik.

Beberapa penelitian pre-klinik sudah mengambarkan bahwa daun sirih mempunyai sifat anti bakteri, anti jamur, anti larva, anti alergi, anti inflamasi, dll.

Daun sirih tidak jarang dikatakan sebagai penyebab kanker di dalam rongga mulut. Namun, tidaklah sepenuhnya benar hal ini.

Dimana kebiasaan di masyarakat, yaitu tidak hanya mengunyah daun sirih saja tetapi juga mencampur dengan bahan2-bahan2 lainnya, sebut saja pinang, kapur, & tembakau.

Sehingga, bahan2 adonan itu diyakini sebagai penyebab terjadinya kanker di dalam rongga mulut, terutama bahan2 tembakau.

Perlu juga diketahui, salah satu hasil penelitian pre-klinik menemukan bahwa daun sirih mempunyai sifat anti kesuburan, sehingga perlu diinggat hal ini (efek sampingnya).

Untuk mendapat khasiat hebat daun sirih, tidak perlu hingga mengunyah & menelan daun sirih dalam setiap harinya. Karena ada beberapa hal yg perlu diperhatikan...

...seperti tingkat kebersihan daun sirih yg dikonsumsi, serta semoga bisa, memperoleh hasil yg spesifik & sempurna bagi tubuh, maka perlu stkamur (resep) yg pas. Dikhawatirkan malah menimbulkan hal jelek bagi tubuh.

Sebagai saran saja, sudah banyak produk-produk kesehatan yg berbahan2 baku daun sirih, yg bisa, dibeli di pasaran, menyerupai salah satunya pasta gigi daun sirih. Jika bisa,, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter / andal herbal mengenai daun sirih ini.

Loading...

#Mengobati penyakit asma
Biasanya, penderita asma hanya diberikan obat untuk mencegah asma, / memperlancar pernafasan. Penyakit asma mengakibatkan jalan masuk pernafasan berjalan tidak lancar, yg bisa, buat penderitanya sesak nafas, yg terka&g diiringi dengan (maaf) bengek.

Penderita asma sulit melaksanakan acara yg berat dalam jangka waktu yg lama. Ketika asma yg diderita kambuh, maka buat acara menjadi tidak lancar / terganggu. Banyak penderita asma yg menjauh dari hal-hal yg berdebu.

Bagi kau yg mencicipi tanda-tanda asma, menyerupai nafas terasa pendek & tersenggal-senggal,
Anda bisa, menggunakan daun sirih. Rebusan daun sirih untuk mengaatasi gejala-gejala asma.

Membuat ramuan daun sirih untuk mengobati tanda-tanda asma, pertama-tama ambil 4-5 lembar daun sirih, kemudian rebus daun sirih menggunakan 2 gelas air hingga mendidih & tersisa 1 gelas air saja.

Minum hasil air rebusan tersebut secara rutin, kira-kira 2 kali dalam sehari. Tetapi kalau muncul imbas samping (yg terasa tidak yummy bahkan membahayakan) maka hentikan komsumsi air rebusan daun sirih tersebut. 

Dan pastikan menggunakan daun sirih yg sudah dibersihkan.

Bentuk ramuan lainnya, siapkan 10 daun sirih yg sudah dicuci, kemudian ditumbuk besamaan dengan satu sendok teh lada putih. Lalu dicampur dengan setengah sendok teh minyak kayu putih. Oleskan ramuan ini pada kepingan dada & leher ketika asma kambuh.

#Menyembuhkan ra&g tenggorokkan
Pembuatan ramuannya, pertama-tama rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air hingga mendidih, & hingga tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut secara rutin, lakukan 2 kali dalam sehari.

Secara umum, dalam mengobati ra&g tenggorokan perlu meneliti penyebab ra&g tenggorokan itu sendiri. Tujuan pengobatan ra&g tenggorokan guna meringankan / menghilangkan gejala, mencegah komplikasi, & mencegah ra&g kambuh.


Penyebab umum ra&g tenggorokan yaitu infeksi virus & infeksi bakteri. Jika penyebabnya lantaran infeksi virus, maka badan bisa secara alami untuk mengatasinya.

Tetapi kalau penyebabnya infeksi basil maka perlu tindakan lanjut, yiatu menggunakan antibiotik yg sesuai.

Penyebab lainnya, menyerupai lantaran alergi, iritasi, maka harus menghindari masakan / zat yg menjadi penyebab munculnya penyakit.

Bebeapa hal untuk meringankan tanda-tanda ra&g tenggorokan yaitu istirahat  / tidur cukup, batasi aktifitas fisik yg terlalu melelahkan, kalau bunyi serak maka hindari berteriak, rajin minum cairan hangat, minum banyak air untuk mencegah dehidrasi, menggunakan masker kalau lingkungan berdebu, hindari paparan asap rokok.

#Manfaat lainnya (butuh penelitian para ahli)
Melancarkan haid
Bagi para perempuan yg mengalami masa ketika haid / menstruasi, mungkin tidak suka dengan jamu untuk melancarkan haid, kau bisa, mencoba mengkonsumsi rebusan dari daun sirih. Hal ini cukup tertbukti, lantaran produk obat-obatan yg ada di pasaran banyak yg mengandung ekstark sirih.

Berikut ini langkah-langkah buat ramuan daun sirih :
  1. Ambil 3-5 lembar daun sirih
  2. Rebus daun sirih hingga mendidih
  3. Tunggu & diamkan hingga tidak terlalu panas, kemudian minum selama masa haid / masa menstruasi. Konsumsi secara rutin, tetapi tidak perlu konsumsi setiap hari.

Menghilangkan busuk mulut
Salah satu khasiat lain dari rebusan daun sirih yaitu menghilangkan busuk mulut. Terka&g busuk mulut, (terutama sesudah mengkonsumsi masakan tertentu) sangat mengganggu. Sehingga, kau bisa, mekhasiatkan air rebusan dari daun sirih untuk menghlangkan busuk mulut.

Pertama-tama ambillah 3-4 lembar daun sirih, kemudian rebus daun sirih hingga mendidih, tunggu & diamkan hingga rebusan menjadi tidak panas, kemudian berkumurlah dengan air rebusan tersebut.

Manfaat lainnya dari melaksanakan ini yaitu membersihkan rongga ekspresi dari kuman, & mengobati sariawan & sakit gusi.

Mengobati demam berdarah
Hasil rebusan dari daun sirih diyakini membantu mempercepat penyembuhan penyakiti demam berdarah. Berikut cara mekhasiatkan rebusan daun sirih sebagai obat demam berdarah:
  1. Ambil 5-6 lembar daun sirih
  2. Rebus daun sirih menggunakan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga mendidih, hingga menyisakan satu gelas air saja
  4. Minumlah hasil rebusan secara rutin, bisa, 1 kali dalam sehari.

#Penelitian untuk menemukan khasiat khusus daun sirih merah
Beberapa penelitian menyatakan bahwa daun sirih merah mengandung sejumlah flavonoid, alkaloid, tanin, senyawa polifenolat, & senyawa minyak atsiri.

Hanya saja, khasiat daun sirih merah masih bersifat kepercayaan, sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Pembuktian dilakukan secara ilmiah, dimana sebuah penelitian khusus dilakukan untuk memperoleh stkamur medis yg faktual, yg menjadi jaminan keamanan pada bahan2 daun siri untuk dijadikan bahan2 pengobatan

Sebagai antiseptik
Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui khasiat dari daun sirih merah bagi kesehatan, salah satunya sebagai antiseptik. Sirih merah dipakai sudah semenjak usang oleh masyarakat sebagai antiseptik, antidiabetes, antikanker & mengatasi infeksi. Saygnya, mengeni hal ini perlu didukung oleh bukti ilmiah yg kuat.

Menurut hasil penelitian, antiseptik dari cairan daun sirih merah lebih unggul dibandingkan sabun non-antiseptik & sabun antiseptik. Hanya saja, perlu dilakukan sebuah analisisa apakah basil yg tersisa tersebut bersifat patogen (menyebabkan penyakit) / tidak.

Menghambat karies gigi
Penelitian mengungkap khasiat daun siri merah dalam menghambat pertanaman basil penyebab karies gigi. Karies gigi yaitu sebuah basil yg mengakibatkan gangguan kesehatan gigi.

Menurut penelitian tersebut, khasiat daun sirih merah bisa menghilangkan karies gigi. Hal ini mengingat di dalam siri merah mempunyai kandungan senyawa minyak atsiri, flavonoid, alkanoid, & senyawa fenolik.

Semua senyawa tersebut bersifat aktif terhadap basil S. mutans. Hasil yg cukup memuaskan lantaran minyak esensial sirih merah mempunyai imbas besar lengan berkuasa untuk menghambat pertanaman basil S. mutans (yg mengakibatkan karies gigi).

Bersifat antibakteria pada basil tertentu
Penelitian dilakukan untuk mengambarkan khasiat daun sirih merah dalam menghambat pertanaman bakteri. Penelitian ini khusus untuk mengambarkan sifat antibakteri dari daun sirih merah terhadap Staphylococcus aureus.

Beberapa penyakit kulit, menyerupai jerawat, bisul, selulitis dll disebabkan oleh basil ini. Penyakit lain yg juga bisa, disebabkan oleh Staphylococcus aureus yaitu meningitis, pneumonia, & sepsis.

Penelitian ini menggunakan sirih merah menggunakan dua metode, diekstrak dengan mesin berteknologi nano & diubah ke dalam bentuk serbuk. Hasilnya, keduanya bisa, menghambat pertanaman basil tersebut.

Hanya saja, ekstrak yg dibentuk dengan mesin berteknologi nano lebih besar lengan berkuasa dibandingkan ekstrak yg berbentuk serbuk.

#Manfaat daun sirih hijau (butuh penelitian lebih lanjut)
Daun sirih hijau mempunyai kandungan yg berbagai yaitu kavibetol, estragol, hidrosikavicol, minyak atsiri, fenil propane, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, cadinene, diastase, tannin, pati, dll.

Menghilangkan busuk ba& tak sedap. Caranya dengan menumbuk beberapa daun sirih hijau, kemudian oleskan pada ketiak. Tumbukan ini juga bisa, dipakai untuk menyembuhkan penyakit kulit menyerupai eksim kering & eksim basah.

Menyembuhkan penyakit asma & ra&g tenggorokan. Caranya, rebus 4 lembar daun sirih hijau dengan 2 gelas air, rebus hingga airnya hingga tersisa 1 gelas saja. Lalu minum air rebusannya secara teratur 2 kali sehari.

Melancarkan haid yg tidak teratur, dengan meminum air rebusan daun sirih hijau.

Menghilangkan busuk mulut. Caranya, rebus daun sirih hijau sebanyak 3 lembar. Lalu air rebusan itu dipakai untuk berkumur-kumur.

Mengobati sakit gigi & gusi yg bengkak, dengan menguyah daun sirih hijau satu lembar, kemudian diamkan sekitar 10 menit. Lalu bersihkan ekspresi dengan cara berkumur air hangat. Lakukan pengobatan secara rutin hingga sakit gigi & jerawat sanggup sembuh sedikit demi sedikit.

Mengobati demam berdarah. Caranya, rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air, rebus hingga tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan daun sirih tersebut secara rutin, bisa, 1-2 kali dalam sehari.

Mengobati luka bakar, metodenya yaitu memanaskan daun sirih hingga layu, kemudian tempelkan pada kulit yg terkena luka bakar. Dalam beberapa hari, biasanya luka bakarnya merangsur-angsur sembuh.

#Daun sirih sebagai obat jerawat, benarkah?
Pengobatan jerawat membutuhkan kesabaran, juga penting pengendalian contoh makan, kebiasaan mencuci / membersihkan wajah, pengendalian stress, dll.

Keterkaitan masakan & jerawat masih banyak diperdebatkan, seringkali ditemukan alhasil individual. Tapi, apabila dicoba dalam jangka waktu tertentu akan memperlihatkan khasiat.

Untuk itu, disarankan konsumsi masakan rendah lemak & rendah karbohidrat. Konsumsi masakan rendah karbohidrat bisa, mensugesti kontrol hormonal (agar tidak berlebihan).

Kadar gula dalam darah yg normal mempunyai kegunaan untuk mempercepat menghilangkan jerawat. Produk susu & juga masakan berlemak harus dibatasinya konsumsinya. Makanan-makanan berlemak (& semacamnya) bisa, memicu peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit, yg berakibat timbulnya jerawat.

Mengubah contoh asupan nutrisi sehari-hari sanggup mengatasi duduk perkara kulit berminyak. Makanan berlemak & masakan yg digoreng harus dibatasi konsumsinya, lantaran bisa, meningkatkan produksi minyak di kulit.

Olahan ikan / unggas tanpa kulit (yg tidak digoreng) lebih baik dikonsumsi ketimbang ayam goreng.

Hindari masakan pedas, lantaran masakan pedas bisa, meningkatkan produksi minyak pada wajah (selain keringat). Untuk itu, hindari masakan yg terlalu pedas.

Untuk masakan pencegah kulit berminyak, yaitu jeruk yg mempunyai serat tinggi & air, yg buatnya gampang dicerna. Kandungan vitamin C-nya mempunyai antioksi& yg berdampak baik bagi kesehatan kulit.

Minum air putih yg cukup, sangat penting untuk buat kulit sehat. Disarankan basuh muka dengan sabun muka khusus untuk jerawat.

Adapun, hingga ketika ini belum ada penelitian di bi&g medis mengenai khasiat daun sirih untuk mengobati jerawat. Untuk itu, sang dokter tidak menganjurkan untuk memakainya.

#Hindari tanpa didampingi ahlinya, menggunakan air daun sirih untuk pengobatan mata
Iritasi mata merah (konjungtivitas) yaitu penyakit mata yg disebabkan pera&gan pada bola mata. Iritasi terjadi lantaran polusi, alergi, & infeksi yg disebabkan bakteri, virus, jamur.

Air perasan daun sirih seringkali dijadikan obat ketika terkena iritasi mata merah. Padahal, menggunakan air daun sirih tidak dianjurkan dalam pengobatan penyakit mata.

Air daun sirih bisa, membunuh kuman yg menjadi penyebab terjadinya iritasi pada mata. Tetapi yg ditekankan yaitu dalam penggunaan air daun sirih harus diproduksi dengan benar, & tidak asal-asalan.

Jika mengambil daun sirih pribadi dikucek-kucek / ditetes ke mata, bisa, mengakibatkan mata menjadi jamuran. Hal itu lantaran tidak steril.  Dampak terburuknya bisa, mengakibatkan kornea.

Hendaknya para penderita sakit mata tidak mengobati penyakit mata seorang diri.

Subscribe to receive free email updates: